ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP 4 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Akhsanulkhaq, Moh (2016) ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP 4 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
File 1 cover, nota persetujuan pembimbing, pengesahan, surat pernyataan, persembahan, kata penga.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2 Abstrak.pdf

Download (639kB)
[img] Text
File 3 Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf

Download (209kB)
[img] Text
File 4 BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
File 5 BAB II.pdf

Download (671kB)
[img] Text
File 6 BAB III.pdf

Download (333kB)
[img] Text
File 7 BAB IV.pdf

Download (543kB)
[img] Text
File 8 BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
File 9 Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi manajemen pembelajaran PAI; problematika yang terjadi dalam pembelajaran PAI dan solusinya; output dari pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di SMP 4 Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 4 Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakaur Kurikulum, Komite Sekolah, Guru PAI dan peserta didik. Hasil penelitian menyebutkan: (1) Implementasi manajemen pembelajaran PAI meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi/penilaian. (2) Problematika pembelajaran PAI dan solusinya meliputi: faktor waktu diatasi dengan kedisiplinan guru, kurangnya konsentrasi anak diatasi dengan mencari perhatian khusus, kemampuan yang berbeda dalam BTA diatasi dengan mengadakan kelas khusus dan tutor sebaya, minimnya guru PAI diatasi dengan memanfaatkan guru piket dan guru pembina ekstrakurikuler PAI, penilaian aspek afektif diatasi dengan persiapan lembaran rumusan penilaian, dan pengaruh perbedaan latar belakang pendidikan orang tua diatasi dengan memberi motivasi pentingnya pendidikan agama ketika ada pertemuan wali murid; (3) Output pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI dapat dilihat dari prestasi belajar PAI yang ditandai dengan terpenuhinya target KKM; Penerapan amalan agama dilaksanakan dengan baik, dengan pembiasaan yang dilaksanakan peserta didik; peserta didik SMP 4 Kudus mendapatkan juara III di tahun 2015 dan tahun 2016 dalam perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) yang diadakan di tingkat Kabupaten.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 04:15
Last Modified: 04 Feb 2017 04:15
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item