PENGELOLAAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN ISLAM PADA SANTRI GANGGUAN JIWA DI PONDOK PESANTREN ASSTRESIYAH DARUL UBUDIYAH SEJATI GARUWAN JUWANA KABUPATEN PATI

RIDWAN, MUHAMMAD (2020) PENGELOLAAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN ISLAM PADA SANTRI GANGGUAN JIWA DI PONDOK PESANTREN ASSTRESIYAH DARUL UBUDIYAH SEJATI GARUWAN JUWANA KABUPATEN PATI. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (344kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (150kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (490kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Tesis ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan oleh penulis, yaitu, 1) Bagaimana Perencanaan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Darul Ubudiyyah Sejati (Asstresiyyah) Garuwan Juwana ?, 2) Bagaimana Pelaksanaan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Darul Ubudiyyah (Asstresiyyah) Garuwan Juwana?, 3) Bagaimana Pengawasan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Pesantren Asstresiyyah Garuwan Juwana?.Jenis penelitian yang dilakukan termasuk kedalam penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakannya yakni dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dihasilkan menggunakan analisis deskriptif dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Darul Ubudiyyah Sejati (Asstresiyyah) Garuwan Juwana dalam menangani santri gangguan kejiwaan diantaranya: Pertama perencanaan yaitu merencanakan kegiatan santri. Kedua pelaksanaan yaitu melaksanakan kegiatan sesuai dengan yang direncanakan. Ketiga pengawasan, yaitu mengawasi kegiatan setiap hari dan perkembangan santri yang ada di pondok 2) Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan Pembelajaran PAI DI Pondok Pesantren Darul Ubudiyyah Sejati (Asstresiyyah) Garuwan Juwana antara lain: Pertama, Faktor pendukungnya yaitu adanya peran serta orang tua santri atau wali santri yang menyerahkan sepenuhnya santri kepada Kiai Fatkhur, tidak terlalu dekat dengan pemukiman warga, SDM yang berpengalaman dalam bidangnya, serta citra positif di Pondok Pesantren Pesantren Asstresiyyah Garuwan Juwana . Kedua, Faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana yang ada belum dimanfaatkan secara optimal, minimnya pengurus pondok untuk mengawasi kegiatan para santri, tidak adanya tata tertib yang resmi untuk santri, pengunjung atau wali santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:26
Last Modified: 15 Feb 2021 07:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3530

Actions (login required)

View Item View Item