Pembiasaan Karakter Anak Usia 3-4 Tahun dalam Pembelajaran Daring di KBIT Umar Bin Khathab Kudus

Agustina, Alvianti Maya (2020) Pembiasaan Karakter Anak Usia 3-4 Tahun dalam Pembelajaran Daring di KBIT Umar Bin Khathab Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (566kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (677kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembiasaan karakter anak berusia 3-4 tahun bersama orang tua. Penulis meneliti pada salah satu anggota dari kelompok wortel KBIT Umar Bin Khathab Kudus bernama ananda K berusia 4 tahun dan mengungkap 3 bentuk perlakuan orang tua pada anak sehingga terbentuk kebiasaan menghargai orang lain, karakter disiplin pada anak, karakter peduli kebersihan lingkungan. (2) pembelajaran daring di KBIT Umar Bin Khathab. (3) pembiasaan karakter anak usia 3-4 tahun dalam pembelajaran daring di KBIT Umar Bin Khathab Kudus tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian kepala KBIT, pendidik kelompok wortel, ananda K dari kelompok wortel, ibu ananda K KBIT Umar Bin Khathab. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusing drawing or verivication (verifikasi data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa di KBIT Umar Bin Khathab Kudus pada tahun 2019/2020 melaksanakan pembelajaran pembiasaan karakter pada peserta didik dengan pembelajaran daring dengan (1) pembiasaan karakter anak usia 3-4 tahun di KBIT Umar Bin Khathab Kudus bersama orang tua antara lain: orang tua memberi teladan dalam menanamkan karakter menghargai orang lain pada anak, orang tua memberi teladan, pujian dalam kegiatan cuci tangan sendiri dalam rangka menumbuhkan karakter disiplin pada anak, orang tua memberi teladan, pujian, dan senantiasa mengingatkan anak dalam kegiatan membuang sampah pada tempatnya dalam rangka menumbuhkan karakter peduli lingkungan/ perilaku sehat. (2) pembelajaran daring di KBIT Umar Bin Khathab Kudus dilakukan melalui media whats app grup kelompok wortel. KBIT Umar Bin Khathab juga memiliki youtube dan facebook yang kapan saja bisa diakses oleh orang tua peserta didik. (3) pembiasaan karakter anak usia 3-4 tahun dalam pembelajaran daring di KBIT Umar Bin Khathab Kudus antara lain: pembiasaan karakter dalam pembelajaran daring di KBIT Umar Bin Khathab Kudus dengan cara pendidik kelompok wortel memberikan “Alternatif kegiatan bersama ayah bunda” yang harus diajarkan orang tua peserta didik kepada peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembiasaan karakter anak usia 3-4 tahun, pembelajaran daring.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:34
Last Modified: 16 Feb 2021 03:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item View Item