Alifa, Nur (2020) Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Berdasrkan Kurikulum 2013 Di MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (409kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (607kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (348kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (636kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (296kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS berdasarkan kurikulum 2013 pada peserta didik kelas IV di MI Maudlaul Ulum Tawangahrjo Wedarijaksa Pati; 2) Untuk mengetahui peran yang dilakukan oleh guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Wedarijaksa Pati; 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menjalankan perannya pada proses pembelajaran IPS di kelas IV MI Maudlaul Ulum Tawangahrjo Wedarijaksa Pati. Penelitian yang termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan analisi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi berupa data-data tentang gamabaran MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Wedarijaksa Pati. Adapun metode sampling yang digunakan yakni purposive sampling (sampel bertujuan). Informan dalam penelitian ini adalah 3 orang diantaranya kepala sekolah, guru IPS, siswa kelas IV MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Wedarijaksa Pati. Sedangkan analisis data kualitatif adalah teknik mencari dan menyusun data yang diperoleh secara sistematis melalui proses reduksi data (merangkum data), mendisplay data (menyajikan data dalam sebuah tampilan), dan verifikasi data (konfirmasi/pembuktian data) sehingga dapat mudah dipahami dan dapat diiformasikan kepada orang lain. Hasil analisis data diperoleh temuan-temuan yakni 1) Prestasi belajar siswa di MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Wedarijaksa Pati menunjukkan bahwa pada pembelajaran IPS dari seluruh siswa kelas IV sudah mencapai standar ketuntasan yaitu dengan nilai 75. MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Wedarijaksa Pati pada pembelajaran IPS berdasarkan kurikulum 2013 dapat dinyatakan berhasil dan efektif. Prestasi belajar siswa kelas IV di MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Wedarijaksa Pati dapat dilihat dari tingkat pemahaman terhadap pembelajaran IPS yang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan siswa dalam belajar. 2) Peran guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Wedarijaksa Pati sudah baik, antara lain: a) peran guru sebagai perencana, b) peran guru sebagai pelaksana, c) peran guru sebagai penilai. Dan upaya guru dalam membimbing siswanya antara lain: a) upaya memotivasi siswa, b) upaya membimbing siswa, c) upaya dalam proses pelaksaan pembelajaran dengan menerapkan sarapan IPS, menggunakan metode dan model yang bervariasi, meggunakan permaianan dalam pembelajaran merupakan bukti bahwa guru dapat menarik perhatian siswa. 3) Faktor pendukung guru dalam menjalankan perannya yaitu semangat dalam menjalankan tugasnya, mendapat dukungan dari orang tua murid, dan sarana prasarana madrasah. Sedangkan faktor penghambat guru dalam menjalankan perannya yaitu kurikulum dan suasana atau kondisi kelas. Dengan diketahuinya faktor pendukung dan penghambat diharapkan peran guru IPS dapat dimaksimalkan dalam membimbing atau mengajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru IPS, Prestasi belajar, Kurikulum 2013 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 03:18 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 03:18 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3583 |
Actions (login required)
View Item |