SETIYANI, NANIK (2016) IMPLEMENTASI METODE RECIPROCAL PEER TUTORING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU IBTIDAUL FALAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1.Cover.pdf Download (206kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. Bab 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. Bab 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. Bab 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. Bab 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. Bab 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah pada dasarnya proses pembelajaran Fiqih di MA NU Ibtidaul Falah adalah lebih banyak terpusat pada guru sehigga interaksi edukatif antar siswa menjadi kurang aktif, dengan penggunaan metode-metode penyampaian materi yang masih bersifat konvensional maka proses pembelajaran pun terasa membosankan dan siswa kurang antusia. Maka ntuk lebih menciptakan suatu interaksi yang edukatif antar siswa guru menggukan metode Reciprocal Peer Tutoring, dimana metode ini akan menuntut pembelajaran yang terpusat pada siswa, yang nantinya diharapkan lebih meningkatkan interaksi edukatif yang terjadi dalam kelas terutama interaksi antar siswa. Sehingga siswa merasa lebih mudah memahami materi yang diajarkan serta dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah dirumuskan serta diharapkan mampu meningkatkan pemahaman yang dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan dalam lapangan atau penilitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) kepada kepala madrasah, guru mata pelajaran Fiqih dan peserta didik kelas XI, dan melalui dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa Implementasi Metode Reciprocal Peer Tutoring dalam meningkatkan Interaksi Edukatif pada Mata Pelajaran Fiqih di MA NU Ibtidaul Falah Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu: : Pertama, penerapan metode tersebut terdapat 3 tahapan dalam proses pembelajarannya, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian (evaluasi). Kedua, faktor pendukung dalam implementas metode Reciprocal Peer Tutoring pada mata pelajaran Fiqih yaitu kreatifitas guru yang dapat menyesuaikan materi ajar dengan metode yang digunakan, antusiasme siswa yang membuat proses pembelajaran berjalan baik, implementasi metode yang cukup sederhana. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi metode Reciprocal Peer Tutoring pada mata pelajaran Fiqih yaitu keadaan kelas yang kurang kondusif, kosentrasi siswa yang berkurang pada saat jam siang, rasa malu masih timbul dari siswa dan jumlah siswa yang kompeten lebih sedikit. Kata Kunci : Metode, Reciprocal Peer Tutoring, Interaksi Edukatif, Fiqih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode; Reciprocal Peer Tutoring; Interaksi Edukatif; Fiqih |
Subjects: | Fiqih 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 04:25 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 04:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/359 |
Actions (login required)
View Item |