Implementasi Metode Karyawisata dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Pada Kelompok A di RA Ma’rifatul Ulum Kaliwungu Kudus Tahun 2019/2020

Jannah, Farichatul (2020) Implementasi Metode Karyawisata dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Pada Kelompok A di RA Ma’rifatul Ulum Kaliwungu Kudus Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (666kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (587kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (363kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (753kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah untuk (1) mengetahui implementasi metode karyawisata dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistic pada anak usia dini kelompok A RA Ma’rifatul Ulum Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. (2) mengetahui hasil dari implementasi karyawisata dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini kelompok A RA Ma’rifatul Ulum kaliwungu Kudus tahun Ajaran 2019/2020. (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode karyawisata dalam mengembangkan kecerdasan verbal lingustik anak usia dini kelompok A RA Ma’rifatul Ulum Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fieldresearch) dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A RA Ma’rifatul Ulum Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian: (1) Implementasi Metode Karyawisata dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Kelompok A RA Ma’rifatul ulum Kaliwungu Kudus dilaksanakan dengan beberapa langkah yaitu persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dan juga melalui beberapa tahap kegiatan yaitu pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Data menunjukkan bahwa metode karyawisata yang dilaksanakan di ADA swalayan menunjukkan kategori kecerdasan verbal lingiustik dengan prosentase BSB sebanyak 61%, BSH 23%, MB 9% dan BB 7%. Sedangkan prosentase metode karyawisata yang dilaksanakan di menara Masjid juga meningkatkan kecerdasan verbal linguistik dengan prosentase poin pertama BSB sebanyak 69%, BSH 22,5%, MB 7,5%, dan BB 5%. (2) Hasil implementasi menunjukkan bahwa kecerdasan verbal linguistik berkembang dengan baik berdasarkan dokumentasi penilaian harian RA Ma’rifatul Ulum kelompok A dengan dilaksanakannya kegiatan karyawisata, hal ini nampak dari kemampuan anak dalam mengenali dan mengetahui fungsi serta kegunaan benda di sekitar masjid, berani unjuk bakat dengan bernyanyi saat kegiatan karyawisata di Swalayan ADA, kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar melalui bunyi, anak senang berinteraksi dengan temannya, anak berani berbicara/bercerita tentang adab di dalam masjid dan juga peserta didik sangat senang dan antusias saat belajar di luar kelas. Ini menunjukkan bahwasanya metode karyawisata mempunyai pengaruh dalam pengembangan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini pada kelompok A RA Ma’rifatul Ulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karyawisata, Kecerdasan Verbal Linguistik, Anak Usia Dini.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:23
Last Modified: 22 Feb 2021 07:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3592

Actions (login required)

View Item View Item