Implementasi Metode Tahfidz Dalam Mengembangakan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IX C di SMP IT Al-Islam Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Azmi, Nisrina (2020) Implementasi Metode Tahfidz Dalam Mengembangakan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IX C di SMP IT Al-Islam Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR (TANPA ABSTRAK).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (896kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses pengembangan karakter siswa pada mata pelajaran PAI Kelas IX C di SMP IT Al-Islam Kudus (2) Metode tahfidz pada mata pelajaran PAI Kelas IX C di SMP IT Al-Islam Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif deskripsi. Sumber data primer yaitu Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru PAI, dan peserta didik. Sumber data sekunder adalah buku kepustakaan dan data dokumentasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian kualitati ini yaitu uji kredibilitas, uji transferability. Analisis data dengan menggunakan data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa sangatlah penting di era yang serba canggih ini. Sebab banyak sekali pengaruh dari luar apabila kita sebagai pendidik tidak bisa mengembangkan karakter siswa dengan baik. Di SMP IT Al-Islam Kudus sangat menjunjung tinggi karakter siswa. Oleh karena itu pihak kepala sekolah, guru, dan karyawan di SMP IT Al-Islam Kudus saling bekerjasama mengembangkan karakter siswa. Salah satu yang dapat mengembangkan karakter siswa dengan adanya metode tahfidz pada mata pelajaran PAI. pada saat peserta didik menyetorkan hafalannya kita bisa langsung mengetahui karakter seperti apa yang dimiliki setiap peserta didik. Dapat dismpulkan bahwa implementasi metode tahfidz dalam pengembangan karakter siswa pada mata pelajaran PAI Kelas IX C di SMP IT Al-Islam Kudus tahun pelajaran 2019/2020 proses metode tahfidz pada mata pelajaran PAI antara lain: a. peserta didik membaca ayat Al Qur’an yang akan dia hafal, b. menghafalkan bacaan ayat Al Qur’an yang telah dibacanya, c. Mensimakkan bacaan Al Qur’an kepada temannya agar mengetahui ksealahan bacaannya. Metode tahfidz yang dipakai oleh guru PAI adalah dengan talaqqi yaitu peserta didik menyetorkan hafalannya kepada guru PAI. Faktor pendukung adalah peserta didik menjadi termotivasi untuk menjadi seorang yang penghafal Al Qur’an, seorang penghafal Al Qur’an harus memiliki karakter yang baik kalau sudah seperti ini dalam diri peserta didik akan timbul rasa untuk mengembangkan karakternya menjadi yang lebih baik lagi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor usia sangat berpengaruh bagi seorang penghafal Al Qur’an karena usia yang sangat ideal dalam menghafalakan Al Qur’an adalah 5-23 tahun. Dan di usia yang masih tergolong belia karakter siswa dapat digoyahkan, namun guru agama akan melakukan dengan sebaik mungkin sehingga karakter mereka akan tetap menjadi baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Tahfidz, Karakter Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Feb 2021 05:43
Last Modified: 26 Feb 2021 05:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3605

Actions (login required)

View Item View Item