Model Pengelolaan Pembelajaran Fiqih dengan Pendekatan Group Investigation untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial di MAN 1 Kudus

Rofi’i, Edy (2020) Model Pengelolaan Pembelajaran Fiqih dengan Pendekatan Group Investigation untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial di MAN 1 Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (343kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (103kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (438kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan model pengelolaan pembelajaran Fiqih dengan pendekatan group Investigation untuk meningkatkan kecerdasan sosial di MAN 1 Kudus. 2) mendiskripsikan pelaksanaan model pengelolaan pembelajaran Fiqih dengan pendekatan group investigation untuk meningkatkan kecerdasan sosial di MAN 1 Kudus. 3) Untuk mengetahui evaluasi model pengelolaan pembelajaran Fiqih dengan group investigation untuk meningkatkan kecerdasan sosial di MAN 1 Kudus. 4) mendiskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pembelajaran Fiqih dengan group investigation untuk meningkatkan kecerdasan sosial di MAN 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Fiqih kelas XI MIPA dan XI IPS, peserta didik kelas XI MIPA dan XI IPS di MAN 1 Kudus. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus 1) perencanaan model pengelolaan pembelajaran Fiqih dengan pendekatan group Investigation untuk meningkatkan kecerdasan sosial di MAN 1 Kudus adalah: tahap persiapan, terutama dalam menyiapkan perangkat pembelajaran termasuk pemetaan kompetensi dasar, guru mengadakan variasi dalam mengajar dengan cara menggunakan pendekatan group investigation dan guru mengasah kreativitas para siswa-siswi 2) pelaksanaan model pengelolaan pembelajaran Fiqih dengan pendekatan group investigation untuk meningkatkan kecerdasan sosial di MAN 1 Kudus. Hal ini tersebut sesuai dengan konsep pembelajaran Fiqih dengan pendekatan group investigation. Seleksi topik, merencanakan kerja sama, implementasi, analisis dan sintesis, penyajian hasil akhir dan evaluasi. 3) evaluasi model pengelolaan pembelajaran Fiqih dengan group investigation untuk meningkatkan kecerdasan sosial di MAN 1 Kudus, menunjukkan bahwa dalam sistem pendidikan dengan pendekatan group investigation anak didik bisa berpikir kritis, percaya diri, empati pada anak didik serta kemampuannya dalam membina hubungan atau kerjasama dengan teman. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan otentik assessment yang dikembangkan oleh pihak intern lembaga pendidikan dengan menunjukan rubrik yang detail sehingga pada pelaksanaannya dikembalikan pada ketentuan dan prosedur yang telah diterapkan yakni penilaian secara menyeluruh semua hasil yang diperoleh oleh peserta didik baik kognitif, afektif maupun psikomotorik. 4). faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pembelajaran Fiqih dengan group investigation untuk meningkatkan kecerdasan sosial di MAN 1 Kudus, di bagi menjadi dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi: guru, iklim sosial, sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat di antaranya, guru kurang matang, persiapan pembelajaran kurang maksimal, siswa dari latar belakang yang berbeda sarana prasarana yang kurang lengkap. Hal ini guru dapat memaksimalkan potensi anak didik yang selalu ikut aktif dalam proses belajar mengajar, berarti mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran untuk mencapai keberhasilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pengelolaan Pembelajaran Fiqih, Pendekatan Group Investigation, Meningkatkan Kecerdasan Sosial.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Feb 2021 06:34
Last Modified: 26 Feb 2021 06:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item