ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM)(STUDI KASUS KONVEKSI M-YEGE COLLECTION DESA KUANYAR JEPARA)

SARI, SISKA RATNA (2016) ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM)(STUDI KASUS KONVEKSI M-YEGE COLLECTION DESA KUANYAR JEPARA). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan industri konveksi bagi masyarakat memiliki peran besar dalam penyerapan tenaga kerja. Dalam usaha ini, rata-rata para pekerjanyaadalah ibu rumah tangga serta remaja wanita yang memiliki tingkatpendidikan rendah.Berbagai alasan mendasari pilihan para pekerja ini untuk menjadi buruh konveksi pada UKM.Saat ini, permasalahan UKM di Indonesia adalah pada aspek ketenagakerjaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) M-Yege Collection Desa Kuanyar Jepara. Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian field research, sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan metode sosiologi, penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi yang diperoleh dari responden.Dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari pemilik dan karyawan konveksi M-Yege Collection.Dan menggunakan sumber data sekunder berupa dokumen, jurnal, buku-buku literatur dan media alternatif lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran Usaha Kecil dan Menengah M-Yege Collection dalam menyerap tenaga kerja adalah sebesar 16,5 %. (2) Faktor-faktor yang mendukung penyerapan tenaga kerja M-Yege Collection meliputi: Produktivitas tenaga kerja yang rendah, dan Modal. Sedangkan, faktor yang menghambat meliputi: bidang sosial, tingkat pengangguran yang rendah, serta kedudukan organisasi (3) Untuk meningkatkan serta mempertahankan tenaga kerjanya, M-Yege Collection mempunyai beberapa strategi untuk hal tersebut, yaitu: mencari karyawan yang dimulai dengan hubungan (koneksi), menaikkan upah karyawan, serta pemeliharaan hubungan yang baik dengan karyawan. Kata Kunci: Daya Serap, Tenaga Kerja, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Daya Serap; Tenaga Kerja; Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
Subjects: Sosial > Ilmu Ekonomi > Produksi dan Industri
Divisions: Syariah > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 04:34
Last Modified: 04 Feb 2017 04:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item