Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kitab Ngudi Susilo Madrasah Ibtidaiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus

Widodo, Mohammad (2020) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kitab Ngudi Susilo Madrasah Ibtidaiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (983kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (247kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (560kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (558kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB)

Abstract

Permasalahan pembangunan karakter pada anak adalah upaya untuk penanaman perilaku positif pada individu agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat secara permanen. Padahal karakter muncul membutuhkan proses pendidikan dan pembiasaan yang memakan waktu cukup panjang. Oleh karena itu, pendidikan karakter tidak cukup hanya diperoleh melalui pengajaran secara formal di sekolah-sekolah, tetapi membutuhkan peran serta masyarakat dan keteladan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Ngudi Susilo di MI NU TBS Kudus. (2) Faktor pendukung dalam penanaman pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Ngudi Susilo di MI NU TBS Kudus. (3) Faktor penghambat penerapan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Ngudi Susilo di MI NU TBS Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan menggunakan paradigma naturalistik. Lokasi penelitian di MI NU TBS Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Ngudi Susilo. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Ngudi Susilo di Madrasah Ibtidaiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus yaitu diampu oleh guru dari lulusan pondok dan dilaksanakan dalam 2 jam pelajaran. Penanamannya diawali penyampaian materi melalui ceramah, hafalan, melagukan nadhom, dan latihan. (2) Faktor pendukung dalam penanaman pendidikan karakter melalui pembelajaran Kitab Ngudi Susilo di Madrasah Ibtidaiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus yaitu pembelajaran tersebut sesuai dengan usia anak dalam mempelajari akhlak, dukungan orang tua dan staff pendidik lainnya, serta sistem di madrasah yang menekankan untuk selalu bertawadhu’ pada guru, berlaku sopan dengan semua orang. (3) Faktor penghambat penerapan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Ngudi Susilo di Madrasah Ibtidaiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus yaitu perbedaan kemampuan intelegensi siswa, kurangnya perhatian dari sebagian siswa terhadap materi yang disampaikan, kurang motivasi dari orang tua, juga sebagian siswa belum bisa membaca pegon dan waktu yang singkat dalam pembelajaran, serta rendahnya kesadaran siswa untuk selalu berbuat sesuai akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Kitab Ngudi Susilo.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:10
Last Modified: 01 Mar 2021 04:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item