Rohmah, Nurul Faizatur (2020) Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual pada Aspek Profetik Siswa Boarding School di MTs N 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (480kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (730kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (607kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (892kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (648kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari bahwa dewasa ini kedudukan Madrasah menempati posisi penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, konsep pendidikan yang ditawarkan harus mampu bersaing dengan sekolah umum sehingga mampu menarik animo masyarakat. Melalui boarding school dirasa lebih efektif dalam pelaksanaan salah satu program unggulan yaitu program tahfidz al-Qur’an. Pada penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi program tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual pada aspek profetik siswa boarding school di MTs N 1 Kudus; 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual pada aspek profetik siswa boarding school di MTs N 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatkan ketekunan, triangulasi, bahan referensi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual pada aspek profetik siswa boarding school di MTs N 1 Kudus termasuk dalam kategori baik. Kegiatan tahfidz al-Qur’an dilaksanakan pada jam pelajaran Madrasah dan jam tahfidz di boarding school, dalam pelaksanaannya program tahfidz al-Qur’an mampu meningkatkan kecerdasan spiritual siswa boarding school, hal ini ditandai dengan sifat shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah yang lebih menonjol dari siswa reguler; 2) Faktor pendukung dari program tahfidz al-Qur’an meliputi fasilitas yang memadai, motivasi, usia yang ideal, kerjasama asatidz, dan menejemen waktu yang baik, sedangan faktor penghambatnya meliputi perbedaan kemampuan siswa dalam menghafal, kurangnya komunikasi dengan orang tua siswa, dan rasa malas yang timbul dalam diri siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfidz al-Qur’an, Kecerdasan Spiritual, Aspek Profetik |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 04:46 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 04:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3624 |
Actions (login required)
View Item |