Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI NU Attarbiyatul Islamiyah Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Fauzah, Liana (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI NU Attarbiyatul Islamiyah Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (586kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (635kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (682kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (445kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran mastery learning serta untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara posttest hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran mastery learning dengan posttest hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional di MI NU Attarbiyatul Islamiyah Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI NU Attarbiyatul Islamiyah Gebog Kudus dengan jumlah 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji SPSS Statistik parametik. Hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol sebesar 70, 94 dan termasuk dalam kategori baik. Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran mastery learning mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebelumnya adalah 62,57 dan nilai rata-rata posttest hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran mastery learning sebesar 81,21 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Terdapat perbedaan yang signifikan antara posttest hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran mastery learning dan posttset hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika kelas V di MI NU Attarbiyatul Islamiyah Gebog Kudus. Hal ini dapat dilihat atau dibuktikan dengan melakukan uji t (independent sample test) dengan bantuan olah data IBM SPSS Statistic version 20 yang memperoleh nilai sig ≤ 1/2 α yaitu 0,001 ≤ 0,025 dan juga diperolehnya nilai t hitung > t tabel (3,395 >2,036 ) Hal tersebut berarti H_0 ditolak atau H_1 diterima yang maknanya ada pengaruh siginifikan antara model pembelajaran mastery learning dan posttest hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika kelas V di MI NU Attarbiyatul Islamiyah Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Mastery Learning , Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:17
Last Modified: 10 Mar 2021 07:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3647

Actions (login required)

View Item View Item