Mahsun, Thoha (2020) Pembelajaran Ekstra kurikuler Hadroh di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Gempolsongo Mijen Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR-compressed.pdf Download (558kB) |
|
Text
2. ABSTRAK-min.pdf Download (115kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI-min.pdf Download (115kB) |
|
Text
4. BAB I-min.pdf Download (155kB) |
|
Text
5. BAB II-min.pdf Download (244kB) |
|
Text
6. BAB III-min.pdf Download (177kB) |
|
Text
7. BAB IV-min.pdf Download (240kB) |
|
Text
8. BAB V-min.pdf Download (145kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA-min.pdf Download (134kB) |
Abstract
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran ekstrakurikuler hadroh di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Gempolsongo Mijen demak. (2) Untuk mengetahui nilai pendidikan agama islam terkandung dalam pembelajaran ekstrakurikuler hadroh di Madrasah Diniyah Miftahul Huda gempolsongo Mijen demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. setting penelitian adalah di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Gempolsongo Mijen Demak, Informan penelitian adalah Kepala Madrasah, pembina pelatih, orang tua, santri, pelatih alumni, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode interview/wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi data, yaitu membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan bahwaa: (1) seluruh pengelola pembelajaran ekstra kurikuler hadroh di Madrasah ini mampu merencanakan tugasnya dengan baik. Proses Pelaksanaan pembelajaran ekstra kurikuler hadroh/rebana dilaksanakan pertama kali yakni ketika masa penerimaan santri baru. Dalam acara tersebut dilaksanakan kegiatan demonstrasi ekstra, jadi masing- masing ekstra yang ada di Madrasah ini mendemonstrasikan kegiatan di dalam ekstra tersebut. Tujuannya adalah untuk menarik bakat dan minat santri agar bersedia ikut serta dalam kegiatan ekstra kurikuler. Metode pembelajaran yang digunakan adalah teori dan praktik. Namun, lebih dominan praktik langsung karena terkait dengan keterampilan vokasional. Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa mempelajari hadroh atau rebana, tidak hanya sekedar memahami materi atau teori saja, melainkan harus di praktikkan langsung agar apa yang menjadi kesalahan atau kekurangan dalam mempraktikkan kunci pada alat rebana, Evaluasi dilakukan secara periode satu semester dan setiap selesai latihan. (2) Nilai pendidikan agama islam yang terkandung dalam pembelajaran ekstra kurikuler hadroh di Madrasah ini sebagai upaya meningkatkan nilai religius santri menggunakan alat musik rebana dan melantunkan syair-syair indah yang diiringi rebana, yang didalamnya memuat pesan-pesan agama Islam mampu dikemas dan disajikan lewat sentuhan seni musik Islami yang khas. Menjadikan santri mampu mengontrol diri dalam mengikuti perkembangan zaman terutama dapat membedakan mana yang positif dan mana yang negatif dalam perkembangan kebudayaan yang sesuai nilai keagamaan sehingga dalam akhlak santri dapat bertingkah laku baik dan sopan dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Ektra kurikuler, Hadroh |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 06:53 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 06:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3652 |
Actions (login required)
View Item |