Pengaruh Pendampingan dan Kedisiplinan Ustadz/Ustadzah Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Yasin Kudus Tahun 2018

Zain, Noviyanti (2019) Pengaruh Pendampingan dan Kedisiplinan Ustadz/Ustadzah Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Yasin Kudus Tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (524kB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (212kB)
[img] Text
03. Daftar Isi.pdf

Download (205kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB)

Abstract

Noviyanti Zain (1410110103). Pengaruh Pendampingan dan Kedisiplinan Ustadz/Ustadzah Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Yasin Kudus Tahun 2018. Skripsi. Kudus: Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). IAIN Kudus. 2019. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pendampingan ustadz/ustadzah, kedisiplinan ustadz/ustadzah, dan kualitas hafalan Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Yasin Kudus tahun 2018 (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendampingan ustadz/ustadzah terhadap kualitas hafalan Al-Qur'an santri Pondok Pesantren Yasin Kudus tahun 2018 (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan ustadz/ustadzah terhadap kualitas hafalan Al-Qur'an santri Pondok Pesantren Yasin Kudus tahun 2018 (4) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendampingan dan kedisiplinan ustadz/ustadzah terhadap kualitas hafalan Al Qur’an santri di Pondok Pesantren Yasin Kudus tahun 2018. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di Pondok Pesantren Yasin Kudus. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 39 santri, karena populasi kurang dari 100 maka semuanya diambil untuk dijadikan responden. Penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistic yaitu regresi dan korelasi sederhana, regresi dan korelasi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) pendampingan ustadz/ ustadzah, kedisiplinan ustadz/ustadzah dan kualitas hafalan Al-Qur’an santri masing-masing dalam kategori baik yaitu sebesar 54, 46 dan 81. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendampingan ustadz/ustadzah dengan kualitas hafalan Al-Qur’an santri, dengan model Ŷ = + X1, hubungan keduanya positif dan signifikan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendampingan dan kedisiplinan ustadz/ustadzah terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an santri, dengan model Ŷ = + X2, hubungan keduanya positif dan signifikan. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendampingan ustadz/ustadzah dengan kualitas hafalan Al-Qur’an santri, dengan model Ý= 12,625 + 1,024 X1 + 0,812 X2, dan hubungan pendampingan dan kedisiplinan ustadz/ustadzah secara simultan dengan kualitas hafalan Al-Qur’an santri adalah positif dan signifikan. Kata Kunci : Pendampingan ustadz/ustadzah, kedisiplinan ustadz/ustadzah, kualitas hafalan Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan ustadz/ustadzah, kedisiplinan ustadz/ustadzah, kualitas hafalan Al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2021 04:00
Last Modified: 17 Mar 2021 04:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3675

Actions (login required)

View Item View Item