Peningkatan Kualiatas MA Mazro’atul Huda Karanganyar dengan Implementasi Nilai-nilai Total Quality Management (TQM)

Rohmaniyah, Aifiatur (2020) Peningkatan Kualiatas MA Mazro’atul Huda Karanganyar dengan Implementasi Nilai-nilai Total Quality Management (TQM). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (655kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (670kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (559kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (630kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan budaya TQM, hambatan-hambatan penerapan budaya TQM dan hasil dari penerapan budaya TQM di MA Mazro’atul Huda Karanganyar pada periode kepemimpinan 2017-2020. Jenis penelitian yang menggunakan jenis field research dengan mengumpulkan data menggunakan observasi di lapangan terkait tentang penerapan budaya TQM, kondisi sarana dan prasarana madrasah serta penggunaan lulusan di masyarakat. Wawancara dengan informan Yayasan madrasah, kepala madrasah, waka madrasah, guru dan karyawan, siswa, wali siswa, masyarakat atau pengguna lulusan. Dan yang terakhir adalah dokumentasi terkait penerapan budaya TQM. Data tersebut diuji dengan kredibilitas, transfermabilitas, reabilitas dan objektivitas kemudian dianilis dengan cara penajaman data, penyajian data dengan mudah dipahami dan verivikasi data Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa 1) penerapan budaya TQM di MA Mazro’atul Huda Karanganyar dilakukan dengan bertujuan untuk meningkatkan kualitas madrasah, mulai sering melakukan komunikasi aktif dengan pelanggan internal dan eksternal berupa rapat yang dilakukan berkala setiap bulan maupun diskusi ringan, melengkapi fasilitas pelanggan, mengeluarkan kebijakan sesuai data, memberikan kepercayaan penuh terhadap pelanggan internal dalam memenuhi tugas, action terhadap perbaikan. 2) hambatan dalam penerapan budaya TQM berasal dari pelanggan internal maupun eksternal berupa penolakan tentang kebijakan yang dikeluarkan, dan latarbelakang siswa yang mempengaruhi motivasi dalam belajar. Kemudian hasil dari penerapan budaya TQM adalah telah diterbitkannya sertifikat akreditasi A oleh BAN SM, terdapat pengakuan kebanggaan dari wali siswa maupun masyarakat pengguna lulusan terhadap anak atau lulusan madrasah di dalam masyarakat, timbulnya solidaritas kerjatim dan kedisiplinan dari diri pelanggan internal. Hal ini membuktikan bahwa TQM dapat meningkatkan kualitas MA Mazro’atul Huda Karanganyar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: budaya TQM, kualitas madrasah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Mar 2021 06:48
Last Modified: 19 Mar 2021 06:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item