Ulumuddin, Bahrul (2020) Penerapan Metode Index Card Match (ICM) dalam meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi الأدوات المدرسية Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV MI NU Khoiriyyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-revisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (429kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (462kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (412kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (247kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisa perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif antara Index Card Match (ICM) dengan metode ceramah pada pembelajaran Bahasa Arab materi الأدوات المدرسية di MI NU Khoiriyyah Kudus. 2) Menganalisa perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar afektif antara Index Card Match (ICM) dengan metode ceramah pada pembelajaran Bahasa Arab materi الأدوات المدرسية di MI NU Khoiriyyah Kudus. 3) Menganalisa perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar psikomotorik antara Index Card Match (ICM) dengan metode ceramah pada pembelajaran Bahasa Arab materi الأدوات المدرسية di MI NU Khoiriyyah Kudus. 4) Menganalisa respon guru terhadap penerapan Index Card Match (ICM) pada pembelajaran Bahasa Arab materi الأدوات المدرسية kelas IV MI NU Khoiriyyah Kudus. 5) Menganalisa respon peserta didik terhadap penerapan Index Card Match (ICM) pada pembelajaran Bahasa Arab materi الأدوات المدرسية kelas IV MI NU Khoiriyyah Kudus. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, angket dan tes yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Subjek penelitian diambil dari kelas IV yang terdiri dari dua kelas yaitu IV A sebanyak 18 peserta didik dan kelas IV B sebanyak 20 peserta didik MI NU Khoiriyyah Getaspejaten Jati Kudus. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan kognitif yang berbeda karena nilai Asymp.Sig < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 dengan taraf signifikan 5%. Sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Kruskal Wallis, dinyatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan kata lain hasil belajar kognitif peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah berbeda.” “Pada hasil belajar afektif kelas eksperimen memperoleh nilai 304 dengan nilai rata-rata 24,7 lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajar afektif kelas kontrol yaitu sebesar 276 dengan nilai rata-rata 23,6. Setelah diuji menggunakan uji Kruskal Wallis, dapat dinyatakan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan yang berbeda karena bahwa nilai Asymp.Sig > 0,05 yaitu 0,953 > 0,05 dengan taraf signifikan 5%. Sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Kruskal Wallis, dinyatakan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pada hasil belajar afektif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan kata lain hasil belajar afektif peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah tidak terdapat perbedaan.” “Pada hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen memperoleh nilai 494 dengan nilai rata-rata 24,7 lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajar psikomotorik kelas kontrol yaitu sebesar 426 dengan nilai rata-rata 23,67. Setelah diuji menggunakan uji Kruskal Wallis, dapat dinyatakan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan yang berbeda karena bahwa nilai Asymp.Sig > 0,05 yaitu 0,289 > 0,05 dengan taraf signifikan 5%. Sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Kruskal Wallis, dinyatakan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pada hasil belajar psikomotorik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan kata lain hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah tidak terdapat perbedaan. Kemudian respon guru dan siswa terhadap penerapan metode Index Card Match (ICM) pada pembelajaran Bahasa Arab materi الأدوات المدرسية kelas IV MI NU Khoiriyyah Kudus adalah baik dengan hasil nilai 76 dan 80 dengan rentang nilai 60 – 80 untuk guru dan hasil nilai rata-rata 85,56 dengan rentang nilai 80 – 100 untuk respon siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Index Card Match (ICM, Hasil Belajar, Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 02:33 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 02:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3716 |
Actions (login required)
View Item |