Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Sokopuluhan Pucakwangi Pati

Shomhadi, Muhammad (2019) Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Sokopuluhan Pucakwangi Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (722kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (480kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (771kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (422kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Sumber data meliputi: (a) Sumber data primer: Kepala MA Matholi’ul Huda Sokopuluhan dan Guru. (b) Sumber data sekunder: dokumen atau arsip yang mendukung adanya gaya kepemimpinan transformasional Kepala Madrasah yang digunakan dalam meningkatkan bawahannya dan data lain yang mendukung. Teknik pengumpulan data melalui observasi: pengamatan dan pengindraan, wawancara: berinteraksi dengan informan, dan dokumentasi: pengumpulan dokumen tertulis maupun gambar. Dari hasil analisis data diperoleh temuan-teman penelitian sebagai berikut: 1) Persepsi gaya kepemimpinan transformasional Kepala Madrasah, pertama Meningkatkan efisien dalam pemanfaatan Sumber Daya kurikulum. Kedua Meningkatkan equality atau keadilan dan kesempatan kepada para siswa. Ketiga Meningkatkan efektivitas dan relevansi pembelajaran siswa didik atau lingkungan. Keempat Meningkatkan tingkat evektivitas kinerja pengajar atau aktivitas siswa didik agar bisa mencapai tujuan pembelajaran yang tepat. Kelima Meningkatkan efisien dan efektivitas dalam proses kegiatan belajar. 2) Cara mengimplementasikan gaya kepemimpinan transformasioal Kepala Madrasah, pertama Pemberdayaan orang tua. Kedua Menjalin komunikasi secara intensif dengan komite sekolah dan sekelompok orang tua. Ketiga Kepala madrasah memberikan pelatihan IT agar guru dapat membuat media pembelajaran. Keempat Kepala madrasah mengikutsertakan guru untuk mengikuti kegiatan seminar dan workshop yang diadakan oleh dinas pendidikan. Kelima menerapkan prinsisp keterbukaan dalam pengelolaan dana sekolah. 3) Faktor pendukung adanya pengarahan dari kepala madrasah kepada anggota atau bawahannya untuk meningkatkan hubungan interaksi sosial antara kepala madrasah dengan anggota atau bawahannya, dan pengetahuan luas yang dimiliki guru. Faktor penghambat kurangnya komunikasi antara kepala madrasah dengan bawahannya dan kurangnya memahami kondisi psikologis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:46
Last Modified: 24 Mar 2021 02:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3717

Actions (login required)

View Item View Item