Implementasi Makharijul Huruf Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Alquran Santri Putri Di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Hafidzoh, Naisyatul (2019) Implementasi Makharijul Huruf Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Alquran Santri Putri Di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER dkk.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (235kB)
[img] Text
3. Daftar Isi, daftar tabel, daftar gambar.pdf

Download (213kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (933kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (512kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (862kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (339kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mendiskripsikan makharijul huruf santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengatahui kualitas bacaan Alquran santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Untuk menganalisis implementasi makharijul huruf dalam meningkatkan kualitas bacaan Alquran santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field reseach. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lanpangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokus penelitian di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Makharijul huruf santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus tahun pelajaran 2018/2019 menurut peneliti dikategorikan efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya para santri terhindar dari kesalahan mengucapkan huruf hijaiyyah yang mengakibatkan perubahan makna, para santri terhindar dari ketidak jelasan bentuk-bentuk bunyi huruf, sehingga tidak bisa dibedakan antara huruf satu dengan huruf yang lain, dan para santri dapat membaca Alquran sesuai dengan letak-letak makhraj setiap huruf hijaiyyah, sehingga menghasilkan bacaan Alquran yang baik, tartil, lancar, dan fashih. (2) Kualitas bacaan alquran santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus tahun pelajaran 2018/2019 menurut peneliti dikategorikan sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan banyak para santri putri yang mendapatkan beasiswa tahfidz baik yang kategori 1-10, 1-20, atau 1-30 di IAIN Kudus. (3) Implemasi makharijul huruf dalam meningkatkan kulaitas bacaan Alquran santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus tahun pelajaran 2018/2019 menurut peneliti di kategorikan efektif dan sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan adanya jawaban nomor 1 dan nomor 2. Dan banyak para santri putri yang kuliah di IAIN Kudus mendapatkan beasiswa tahfidz karna termasuk tahfidz yang bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Makharijul Huruf dan Kualitas Bacaan Alquran
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat > Tajwid
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 26 Mar 2021 01:45
Last Modified: 26 Mar 2021 01:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3741

Actions (login required)

View Item View Item