Hafidzoh, Naisyatul (2019) Implementasi Makharijul Huruf Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Alquran Santri Putri Di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER dkk.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (235kB) |
|
Text
3. Daftar Isi, daftar tabel, daftar gambar.pdf Download (213kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (501kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (933kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (512kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (862kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (339kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mendiskripsikan makharijul huruf santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengatahui kualitas bacaan Alquran santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Untuk menganalisis implementasi makharijul huruf dalam meningkatkan kualitas bacaan Alquran santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field reseach. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lanpangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokus penelitian di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Makharijul huruf santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus tahun pelajaran 2018/2019 menurut peneliti dikategorikan efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya para santri terhindar dari kesalahan mengucapkan huruf hijaiyyah yang mengakibatkan perubahan makna, para santri terhindar dari ketidak jelasan bentuk-bentuk bunyi huruf, sehingga tidak bisa dibedakan antara huruf satu dengan huruf yang lain, dan para santri dapat membaca Alquran sesuai dengan letak-letak makhraj setiap huruf hijaiyyah, sehingga menghasilkan bacaan Alquran yang baik, tartil, lancar, dan fashih. (2) Kualitas bacaan alquran santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus tahun pelajaran 2018/2019 menurut peneliti dikategorikan sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan banyak para santri putri yang mendapatkan beasiswa tahfidz baik yang kategori 1-10, 1-20, atau 1-30 di IAIN Kudus. (3) Implemasi makharijul huruf dalam meningkatkan kulaitas bacaan Alquran santri putri di pondok pesantren tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus tahun pelajaran 2018/2019 menurut peneliti di kategorikan efektif dan sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan adanya jawaban nomor 1 dan nomor 2. Dan banyak para santri putri yang kuliah di IAIN Kudus mendapatkan beasiswa tahfidz karna termasuk tahfidz yang bagus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Makharijul Huruf dan Kualitas Bacaan Alquran |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat > Tajwid 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 01:45 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 01:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3741 |
Actions (login required)
View Item |