Implementasi Metode Reward dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

Qudsiyah, Imas Lamhaniyatul (2020) Implementasi Metode Reward dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 cover-kata pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (615kB)
[img] Text
4 bab i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 bab ii.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 bab iii.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 bab iv.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 bab v.pdf

Download (451kB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (588kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk memaparkan implementasi metode pemberian reward dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pemberian reward dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2019/2020 Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan peneliti dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi data, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi dan melakukan member check. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode pemberian reward dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Walisongo Pecangaan Jepara secara keseluruhan berjalan dengan baik. Reward yang diberikan berbagai macam bentuknya seperti pujian, penghormatan penghargaan dan berupa barang. Dengan pemberian reward, kecerdasan emosional dalam diri peserta didik lebih meningkat. Hal ini ditandai dengan peserta didik yang lebih bersemangat, optimis percaya diri dan lebih termotivasi dalam meningkatkan belajarnya. Selain itu dalam hubungannya dengan orang lain, dengan pemberian reward selama proses pembelajaran, peserta didik semakin kompak dalam berkelompok, mampu bekerja sama dan saling menghargai perbedaan pendapat diantara satu sama lain. (2) Faktor pendukung implementasi metode pemberian reward dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Walisongo Pecangaan Jepara yaitu metode pemberian reward sangatlah menarik dan efektif digunakan dalam pembelajaran, adanya pemberian reward membuat peserta didik lebih semangat dalam belajar dan semakin optimis dalam mengerjakan sesuatu. Selain itu faktor pendukung lainnya adalah terpenuhinya sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yakni datang dari lingkungan dimana beberapa siswa keluar masuk kelas dengan memberikan beberapa alasan. Di samping itu kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik juga menjadi faktor penghambat. Kurangnya kesadaran diri ini mengarah pada munculnya sifat malas dalam diri peserta didik selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Reward, Kecerdasan Emosional, Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Apr 2021 04:14
Last Modified: 01 Apr 2021 04:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3772

Actions (login required)

View Item View Item