Pelaksanaan Pemberian Reward dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di RA Sholahiyah Pedawang Bae Kudus

Kafiyah, Silfa (2020) Pelaksanaan Pemberian Reward dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di RA Sholahiyah Pedawang Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (828kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (156kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (292kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (450kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pemberian reward dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik Kelas A RA Sholahiyah Pedawang Bae Kudus dan mengungkap faktor pendukung dan kendala keberhasilan dalam pemberian reward kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian kepala sekolah, 2 orang guru dan 4 peserta didik kelas A. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru di RA Sholahiyah memberikan reward kepada peserta didik kelas A dalam 3 bentuk yaitu verbal berupa kalimat pujian “Hebat”, “Bagus”, “Baik”, “Oke”, “Sip”, “Iya betul”, dan non-verbal berupa senyuman, acungan jempol, alat tulis, bintang prestasi, cap bintang, dan bentuk kegiatan yaitu menonton film animasi. Dan perilaku disiplin yang berkaitan dengan pemberian reward adalah dalam aspek tertib kegiatan menulis, tertib berdoa dan sholat dhuha, dan tertib di dalam kelas. Adapun pelaksanaan pemberian reward dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik Di RA Sholahiyah Pedawang Bae Kudus tersebut ada 4 pertama, melalui pemberian nilai simbol dan bintang di buku tugas untuk tertib dalam kegiatan menulis, kedua, pemberian bintang di tangan untuk tertib berdo’a dan sholat dhuha, ketiga, menonton film animasi untuk tertib di dalam kelas, keempat, pujian verbal untuk tertib di dalam kelas. Faktor pendukung pelaksanaan reward dalam meningkatkan kedisiplinan adalah adanya inisiatif guru yang memberikan reward berupa pensil, buku dan alat tulis berasal dari dana pribadi guru. Selain itu tersedianya fasilitas dari sekolah seperti papan bintang, dan CD player film animasi. Sedangkan kendalanya yaitu mood dari peserta didik yang kurang bagus sejak dari rumah yang membuat siswa tidak menyelesaikan suatu tugas dan pemberian reward tidak bisa mengatasi ketidakdisiplinan peserta didik. Saran yaitu guru harus membuat mood peserta baik terlebih dahulu sehingga pemberian reward diharapkan bisa meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: reward, kedisiplinan belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 06 Apr 2021 02:31
Last Modified: 06 Apr 2021 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3788

Actions (login required)

View Item View Item