Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Interaksi Edukatif Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist di Madrasah Aliyah Negeri Blora Tahun Ajaran 2019/2020

Maisaroh, Siti (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Interaksi Edukatif Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist di Madrasah Aliyah Negeri Blora Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (752kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (845kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui secara empiris bahwa kecerdasan emosional pada siswa dapat membentuk interaksi edukatif siswa kelas XI pada mata pelajaran qu’an hadist di Madrasah Aliyah Negeri Blora, 2) untuk mengetahui secara emiris bahwa kecerdasan spiritual pada siswa dapat membentuk interaksi edukatif siswa kelas XI pada mata pelajaran qur’am hadist di Madrasah Aliyah Negeri Blora, 3) untuk megetahui secara empiris bahwa kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual membentuk interaksi edukatif siswa kelas XI pada mata pelajaran qur’an hadist di Madrasah Aliyah Negeri Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang dilakukan yaitu dengan ex-post facto (hubungan sebab akibat). Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian diambil berdasarkan kuesioner yang diisi oleh responden yang berjumlah 36 siswa dari jumlah populasi siswa 248 siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Blora. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (sampling bertujuan) yaitu teknik pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Teknik analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendahuluan, analisis uji hipotesi, dan analisis lanjut Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap interaksi edukatif siswa kelas XI pada mata pelajaran qur’an hadist di Madrasah Aliyah Negeri Blora dengan persamaan Ŷ = 26,150+ 0,419X1. (2) Terdapat pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap interaksi edukatif siswa kelas XI pada mata pelajaran qur’an hadist di Madrasah Aliyah Negeri Blora dengan persamaan Ŷ = 20,343+ 0,492X2. (3) Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap interaksi edukatif siswa kelas XI pada mata pelajaran qur’an hadist di Madrasah Aliyah Negeri Blora dengan persamaan Ŷ = 15,557+0,263X1 + 0,420X2. Kecerdasan emosional dan kecrdasan spiritual secara simultan memiliki hubungan yang signifikan dengan interaksi edukatif siswa sebesar 0,532. Berdasarkan asil koefisien determinasi, peneliti menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual memberikan kontribusi sebesar 23,7% terhadap terhadap interaksi edukatif siswa kelas XI pada mata pelajaran qur’qn hadist di Madrasah Aliyah Negeri Blora tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Kecerdasan Spiritual; dan Interaksi Edukatif
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Apr 2021 02:49
Last Modified: 12 Apr 2021 02:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3835

Actions (login required)

View Item View Item