Nuha, Ulin (2020) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembiasaan Akhlak Terpuji Siswa Kelas X IPA 1 pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-kata pengantar.pdf Download (578kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (85kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (132kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (460kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (636kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (389kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (626kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (212kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (176kB) |
Abstract
Pembiasaan merupakan cara yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral kedalam jiwa anak. Melalui implementasi kurikulum 2013, yang mana dalam kurikulum tersebut beraplikasi pada pendidikan karakter karena siswa dituntut untuk aktif dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk membentuk akhlak siswa maka anak dibiasakan berakhlak terpuji pada kehidupan sehari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai implementasi kurikulum 2013 dalam pembiasaan akhlak terpuji siswa kelas X IPA 1 pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Mu’allimat NU Kudus serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat lalu solusinya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan untuk menemukan data secara langsung dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 MA NU Mu’allimat Kudus. Adapun teknik pengumpulan data meliputi: teknik indept interview semi terstruktur, observasi partisipasi, serta dokumentasi. Setelah data-data terkumpul, penelitian ini berhasil memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Implementasi kurikulum 2013 dalam pembiasaan akhlak terpuji siswa pada pembelajaran akidah akhlak di kelas X IPA 1 MA Mu’allimat NU Kudus adalah dengan cara guru menggunakan perangkat kurikulum 2013 dalam proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji. Lalu guru mengajak peserta didik untuk memahami materi akhlak terpuji. Lalu guru mengajak peserta didik untuk menerapkannya dalam lingkungan madrasah maupun luar madrasah. Selain itu guru juga menggunakan metode keteladanan yang mana siswa akan mengubah perilakunya dengan tanpa sadar karena mereka mengikuti apa yang telah diterapkan di Madrasah. 2) Fakor yang mendukung implementasi kurikulum 2013 dalam pembiasaan akhlak terpuji siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Mu’allimat NU Kudus adalah pertama, kemampuan guru yang kompeten dalam menguasai kelas. Kedua, kerjasama antara guru dan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor lingkungan dan teknologi yang semakin canggih. Adapun solusinya adalah para guru harus bisa kooperatif dan berusaha untuk bisa mengendalikan siswanya demi terbentuknya akhlak terpuji siswa kelas X IPA 1 MA Mu’allimat NU Kudus. Selain itu orang tua juga harus bisa diajak kooperatif agar kebiasaan yang telah diajarkan di Madrasah juga bisa diterapkan di lingkungan keluarga maupun masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum 2013, Pembiasaan Akhlak Terpuji |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Apr 2021 02:10 |
Last Modified: | 13 Apr 2021 02:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3854 |
Actions (login required)
View Item |