Penerapan Teknik Supervisi Individual Oleh Kapala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Akidah Akhlak di MTs Thoriqotul Ulum Tlogoharum Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2019/2020

Lestari, Eva Yanti Dwi (2020) Penerapan Teknik Supervisi Individual Oleh Kapala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Akidah Akhlak di MTs Thoriqotul Ulum Tlogoharum Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (429kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (379kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)

Abstract

Skripsi ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan teknik supervisi individual di MTs Thoriqotul Ulum, (2) faktor penghambat dan pendukung teknik supervisi individual di MTs Thoriqotul Ulum Tlogoharum Wedarijaksa Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, guru akidah akhlak dan data sekunder berupa dokumentasi penerapan teknik supervisi individual. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi teknik dan kecukupan referensi. Dengan analisis data reduction, display dan verivication. Penelitian ini dapat disimpulkan : pelaksanaan teknik supervisi individual oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru akidah akhlak di MTs Thoriqotul Ulum Tlogoharum Wedarijaksa Pati meliputi ada tiga tahapan. Pertama, dalam pelaksanaan kepala madrasah menggunakan teknik observasi kelas, yaitu dengan mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru di dalam kelas. Tujuannya dengan dilakukannya observasi kelas, agar supervisor dapat mencermati situasi dan kondisi saat proses belajar mengajar. Kedua, waktu terkait pelaksanaan supervisi individual satu tahun dua kali, yaitu tiap satu semester dilaksanakan satu kali. Ketiga, evaluasi yaitu berupa hasil dari kinerja guru yang diperoleh oleh seorang supervisor melalui sharring kemudian mendengarkan penjelasan guru yang bersangkutan. Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan teknik supervisi individual oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru akidah akhlak di MTs Thoriqotul Ulum Tlogoharum Wedarijaksa Pati antara lain yaitu faktor penghambat pelaksanaan supervisi individual diantaranya kendala yang dihadapi oleh kepala madrasah adalah kesibukan seorang supervisor dan banyaknya guru senior sehingga menjadikan penilaian tidak objektif. Sehingga kegiatan supervisi dilakukan oleh kepala madarsah tidak sesuai dengan program yang telah ditentukan. Faktor pendukung pelaksanaan supervisi individual yaitu diantaranya kesiapan guru yang disupervisi, sarana prasarana yang mendukung, dan ketrampilan guru dalam mengelola kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Individual dan Kinerja Guru
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Apr 2021 03:18
Last Modified: 13 Apr 2021 03:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3857

Actions (login required)

View Item View Item