Penerapan Teknik Aversion Therapy dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Kelas VIII B di MTs Mazroatul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2019/2020

Arifin, Eko Nur (2020) Penerapan Teknik Aversion Therapy dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Kelas VIII B di MTs Mazroatul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (654kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (753kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (432kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (525kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (323kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik Aversion Therapy dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an kelas VIII B di MTs Mazroatul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak tahun pelajaran 2019/2020, mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan teknik Aversion Therapy dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an kelas VIII di MTs Mazroatul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dandokumentasi terhadap institusi pendidikan yang terkaityaitu, di MTs Mazroatul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak. Sumber diperoleh dari kepala Madrasah, guru mapel Al-Qur’an Hadis, dan peserta didik. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Penerapan teknik Aversion Therapy dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an kelas VIII B di MTs Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak tahun pelajaran 2019/2020 terlaksana dengan baik dan berdampak positif, sehingga peserta didik terbiasa membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dengan tartil dan bertajwid, peserta didik lebih bisa berinteraksi secara sopan baik kepada guru maupun sesama teman dan orang tua, perilaku negatif mulai berkurang, peserta didik juga jauh lebih mampu mengontrol sikapnya untuk selalu berbuat kebajikan sehingga menciptakan suasana yang damai di lingkungan madrasah. 2) Faktor penghambat penerapan teknik Aversion Therapy dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an kelas VIII B di MTs Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak tahun pelajaran 2019/2020: kurangnya motivasi dalam diri siswa untuk membaca Al-Qur’an, kurangnya kedisiplinan warga madrasah, adanya peserta didik yang tidak bisa baca tulis Al-Qur’an, dan kurangnya peran serta orang tua. Adapun faktor pendukung penerapan teknik Aversion Therapy dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an kelas VIII B di MTs Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak tahun pelajaran 2019/2020: adanya motivasi dari teman, tersedianya fasilitas untuk membaca Al-Qur’an, dan reward dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Aversion Therapy, Minat Membaca, Al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Apr 2021 03:21
Last Modified: 13 Apr 2021 03:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3858

Actions (login required)

View Item View Item