Pengaruh Lokasi, Harga dan Keberagaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional Kaliwuloh Raguklampitan Jepara Tahun 2019

Widiyanti, Nurita Ika (2020) Pengaruh Lokasi, Harga dan Keberagaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional Kaliwuloh Raguklampitan Jepara Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (390kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (459kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (581kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Sayuran termasuk komoditas hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat dan petani karena memiliki keunggulan berupa nilai jual yang tinggi, bahkan sayuran saat ini telah mampu memasok kebutuhan konsumen melalui pasar tradisional dan pasar modern. Pasar Tradisional terkenal dengan ciri tempat yang becek, penataan produk yang tidak teratur, tawar-menawar harga dan barang dagangan yang tidak dikemas dengan baik. Berbeda dengan pasar modern yang tertata rapi dan tempat yang bersih. Tetapi pasar tradisional masih menjadi pusat perekonomian dan masih diminati masyarakat sebagai tujuan berbelanja. Sehingga dalam penelitian ini ingin mengetahui pengaruh lokasi, harga dan keberagaman produk secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian sayuran di Pasar Tradisional Kaliwuloh Raguklampitan Jepara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program aplikasi SPSS 16. Responden pada penelitian ini sebanyak 75 orang konsumen yang melakukan pembelian di Pasar Kaliwuloh Jepara. teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Accidental sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner (angket) terhadap responden. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, terlihat dari t hitung > t tabel (2,523 > 1,994) dengan tingkat signifikansi 0,014 < 0,05. Harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, terlihat dari t hitung < t tabel (-0,681 < 1,994) dan nilai signifikansi 0,498 > 0,05. Keberagaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, terlihat dari t hitung > t tabel (5,072 > 1,994), dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan variabel lokasi, harga dan keberagaman produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, terlihat dari F hitung > F tabel (21,857 > 2,734), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lokasi, harga, keberagaman produk dan keputusan pembelian.
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen

Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi

Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Apr 2021 06:21
Last Modified: 13 Apr 2021 06:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item