Mu’arifah, Elfa Lailatul (2020) Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar Pendidikan Islam di MA Plus Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (435kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (366kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (542kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (377kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (652kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (336kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (446kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pendidikan Islam di MA Plus Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak. 2) Mengetahui program yang dijalankan di perpustakaan MA Plus Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pendidikan Islam di MA Plus Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengamatan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung pada obyek yang diteliti. Selain melakukan pengamatan, wawancara juga dilakukan guna memperoleh informasi terkait bagian-bagian dalam pembahasan ini. Lokasi penelitian dilakukan di MA Plus Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak. Uji keabsahan data penelitian yaitu menggunakan uji kredibilitas data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisa deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pendidikan Islam sudah sesuai dengan yang direncanakan dengan cara pemberian tugas pada siswa dan mengerahkan siswa untuk belajar di perpustakaan untuk memanfaatkan koleksi pendidikan Islam. 2) layanan yang ada di perpustakaan ada lima yaitu layanan tabassam (taman baca siswa dan masyarakat), layanan ruang koleksi, layanan ruang referensi dan baca, layanan ruang galeri dan layanan ruang audio visual. 3) faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung adalah koleksi, sarana dan prasarana, pelaksanaan layanan, motivasi guru dalam mendampingi siswa dan antusias siswa, serta kerjasama antar warga sekolah. faktor penghambat adalah mood serta sifat siswa yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan perpustakaan, sumber belajar pendidikan Islam |
Subjects: | 000 Ilmu Komputer, Informasi, Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Apr 2021 02:09 |
Last Modified: | 14 Apr 2021 02:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3867 |
Actions (login required)
View Item |