Rif’ah, Rif’ah (2020) Eksperimen Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review) Terhadap Prestasi Kognitif Pada Mata Pelajaran Fiqih Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Qudsiyyah (Putri) Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. cover.pdf Download (741kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (180kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
|
Text
4. BAB I....pdf Download (337kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (431kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (259kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (457kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (194kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah studi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk : Pertama, untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran SQ3R terhadap prestasi kognitif peserta didik kelas VIII di MTs Qudsiyyah (Putri) Kedua, untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara prestasi kognitif dengan model pembelajaran SQ3R pada peserta didik pada kelas VIII di MTs Qudsiyyah (Putri) Ketiga untuk mengetahui peningkatan yang signifikan antara prestasi kognitif dengan model pembelajaran SQ3R peserta didik pada kelas VIII di MTs Qudsiyyah (Putri) tahun pelajaran 2019/2020. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII dengan pengambilan sampel penelitian adalah 40 peserta didik kelas VIII-G (kelas eksperimen) dan 40 kelas VIII-H (kelas kontrol). Cara pengambilan samplenya menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah responden 80. Adapun teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode tes dan dokumentasi. Kemudian peneliti dalam menganalisis menggunakan uji paired sample test dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan pada pre test, hasil kemampuan awal rata-rata kelas eksperimen (VIII-G) adalah 29, 4750 dan kelas kontrol (VIII-H) sebesar 28, 3500. Hal ini juga bisa dilihat dari hasil uji t test yaitu t hitung < t tabel (0,586 < ) dengan sig. sebesar 0,560 > 0,05. Artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang tidak jauh berbeda atau memiliki kemampuan awal yang relatif sama. Kemudian diberi perlakuan, maka kelas kontrol maupun kelas eksperimen diberikan post test hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata akhir (post test) peserta didik kelas eksperimen sebesar 43, 5250 dan kelas kontrol sebesar 27, 3250 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang bearti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran SQ3R, dan Prestasi Kognitif |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 01:59 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 01:59 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3879 |
Actions (login required)
View Item |