Wulandari, Fifi (2020) Implementasi Strategi Pembelajaran Index Card Match pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf Download (818kB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Download (138kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (151kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (494kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (405kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (262kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (611kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (147kB) |
|
Text
9.Daftar Pustaka.pdf Download (277kB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai latar belakang penerapan strategi pembelajaran index card match mengaharapkan siswa lebih aktif dalam melakukan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus (2) untuk mengetahui kendala dari strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus (3) untuk mengetahui solusi yang diberikan guru mapel dalam menghadapi kendala dari strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mapel fiqih, peserta didik kelas VIII serta pihak-pihak yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi dan kecukupan referensi. Dengan analisis data reduction, display dan verivication. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) implementasi strategi index card match pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus bahwa pembelajaran berjalan dengan baik, sebelum memulai proses pembelajaran guru telah menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pada penerapannya peserta didik di ajak untuk meninjau ulang pemahaman materi siswa dengan mencari pasangan kartu dengan berkeliling kelas sesuai waktu yang telah di tentukan, setelah menemukan pasangan yang cocok siswa di persilahkan untuk mendiskusikan materi, kemudian siswa di suruh untuk mempresentasikan hasilnya di depan kelas secara berpasangan. Adapun evalusi yang digunakan ada 3 teknik evaluasi yaitu evaluasi pretest, formatif, dan post test. (2) kendala yang dialami dari segi internalnya yaitu terkait dengan individu siswa seperti malas belajar, kesiapan siswa dalam menerima materi yang akan di ajarkan, dan lain-lain. sedangkan dari faktor eksternal yaitu biasanya terjadi ketika pelaksanaan pembelajaran yakni terkait dengan strategi yang digunakan, alokasi waktu yang kurang mencukupi dan adanya kesediaan media dan sumber belajar.(3) solusi yang di berikan guru dalam menghadapi kendala yang berasal dari internal adalah dengan memberikan semangat dan motivasi belajar yang tinggi bagi siswa, menanamkan rasa tanggung jawab dan keberanian, memberikan sedikit humor di sela-sela pelajaran agar siswa menjadi tidak bosan. Sedangkan dari faktor eksternalnya yaitu menggunakan media pembelajaran dengan terintegrasi di sekolah seperti kertas, bolpoin, spidol dan lain-lain, dan mampu memaksimalkan waktu yang terbatas untuk memahamkan semua isi materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Index Card Match, Fiqih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 06:23 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 06:23 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3889 |
Actions (login required)
View Item |