Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Prileksi dan Deep Dialogue terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2019/2020

Abadi, Nasuha Trisnawati (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Prileksi dan Deep Dialogue terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (616kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (466kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (356kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (488kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Metode Prileksi dan Deep Dialogue terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Walisongo Pecangaan serta untuk mengetahui interaksi antara penggunaan Metode Prileksi dan Deep Dialogue secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Walisongo Pecangaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Di sini penulis mengambil lokasi di MA Walisongo Pecangaan Jepara. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan kuesioner (angket). Sedangkan analisis data dilakukan dengan melakukan uji hipotesis melalui uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Metode Prileksi berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di MA Walisongo Pecangaan Jepara. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan t hitung lebih besar dari t tabel (2,135>1,962) dan sig kurang dari 0,05 (0,024<0,05). 2) Deep Dialogue berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di MA Walisongo Pecangaan Jepara. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan t hitung lebih besar dari t tabel (3,102>1,962) dan sig kurang dari 0,05 (0,004<0,05). 3) Metode Prileksi dan Deep Dialogue diterapkan secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di MA Walisongo Pecangaan Jepara. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan F hitung lebih besar dari F tabel (6,897>3,29) dan sig kurang dari 0,05 (0,003<0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Prileksi, Deep Dialogue, Kemampuan Berpikir Kritis, Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Apr 2021 01:34
Last Modified: 16 Apr 2021 01:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item