Studi Komparasi Metode ABACA Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Tema Hidup Rukun di MI Roudlotul Muhtadin Ketilengsingolelo Welahan Jepara Tahun pelajaran 2019/2020

Khasanah, Noor Khatun (2020) Studi Komparasi Metode ABACA Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Tema Hidup Rukun di MI Roudlotul Muhtadin Ketilengsingolelo Welahan Jepara Tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (609kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (514kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (975kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah : (1) Seberapakah tingginya hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode ABACA Flashcard pada pelajaran tematik (Hidup Rukun) di MI Roudlotul Muhtadin Tahun pelajaran 2019/2020 (2) Seberapakah tingginya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang tidak menggunakan metode ABACA Flashcard pada mata pelajaran tematik( Hidup Rukun) di MI Roudlotul Muhtadin Tahun pelajaran 2019/ 2020 (3) Apakah ada perbedaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran tematik (Hidup Rukun) di kelas II MI Roudlotul Muhtadin Ketilengsingolelo Jepara Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah: Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik sub tema hidup rukun pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di MI Roudlotul Muhtadin Ketilengsingolelo Welahan Jepara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, di berikan ke 20 responden yaitu kelas II A dan 20 responden kelas II B, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: metode ABACA Flashcard dapat dan telah di terapkan dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran tematik tema hidup rukun di kelas II. Dengan hasil yang menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode ABACA Flashcard pada mata pelajaran Tematik sub tema hidup rukun dalam keluarga, sekolah dan masyarakat di kelas II MI Roudlotul Muhtadin Ketilengsingolelo Welahan Jepara di peroleh rata-rata sebesar 92 dan termasuk kategori sangat baik. 2) Hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan tidak menggunakan metode ABACA Flashcard pada mata pelajaran tematik tema hidup rukun di kelas II di MI Roudlotul Muhtadin Ketilengsingolelo Welahan Jepara di peroleh rata-rata sebesar 85 dan termasuk kategori cukup. 3) Ada perbedaan yang signifikan dari hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode ABACA Flashcard dengan peserta didik yang tidak menggunakan metode ABACA Flashcard. Hal ini sesuai dengan hasil χ² tabel =3,481 ternyata χ² hitung lebih kecil dari χ² tabel (0,40< 3,841), maka Ho tidak dapat di tolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode ABACA Flashcard, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Tematik Hidup Rukun
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Apr 2021 01:38
Last Modified: 16 Apr 2021 01:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3893

Actions (login required)

View Item View Item