Pelaksanaan Evaluasi Ranah Afektif pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas II di MI Terpadu Al-Falah Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

Kafiyah, Silfia (2020) Pelaksanaan Evaluasi Ranah Afektif pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas II di MI Terpadu Al-Falah Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (789kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (574kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (563kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas II di MI Terpadu Al-Falah Kalinyamatan Jepara dan mengungkap kendala dari pelaksanaan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak serta solusi dari kendala pelaksanaan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapanagan dengan pendekatan kualitatif. Untuk dapat memperoleh data-data yang diperlukan, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan siswa kelas II MI Terpadu Al-Falah Kalinyamatan Jepara. Sedangkan penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas II di MI Terpadu Al-Falah Kalinyamatan Jepara menggunakan teknik dengan pengamatan dan observasi secara langsung terhadap perilaku siswa di madrasah ini dilakukan didalam kelas maupun diluar kelas. Saat didalam kelas guru mengamati perilaku siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Kemudian saat diluar kelas guru mengamati perilaku siswa ketika siswa sedang berinteraksi dengan teman, guru dan karyawan. Kendala dalam pelaksanaan evaluasi ranah afektif di MI Terpadu Al-Falah Kalinyamatan Jepara memerlukan tenaga dan waktu yang cukup banyak serta tidak adanya kerjasama kesemua guru dan karyawan di Madrasah, sehingga pada penilaian afektif mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Terpadu Al-Falah Kalinyamatan Jepara belum maksimal. Kemudian, solusi untuk mengatasi kendala pelaksanaan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah harus ada aturan dari Kementerian Agama untuk menetapkan standar dalam pelaksanaan evaluasi afektif agar penilaian afektif berjalan dengan baik serta dari pihak madrasah membuat perencanaan yang teratur dan terjadwal sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Ranah Afektif, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:10
Last Modified: 19 Apr 2021 04:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3918

Actions (login required)

View Item View Item