Pembelajaran Multimedia Interaktif dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII A di MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

Mubarok, Syahrul (2020) Pembelajaran Multimedia Interaktif dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII A di MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (489kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (454kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih kelas VIII A di MTs Darul Purwogondo Jepara (2) Penerapan Multimedia Interaktif Pembelajaran Fiqih Kelas VIII A di MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara (3) Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Multimedia Interaktif dalam pembelajaran Fiqih kelas VIII A DI MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif deskripsi. Sumber data primer yaitu Kepala Sekolah, Guru Fiqih, dan peserta didik. Sumber data sekunder adalah buku kepustakaan dan data dokumentasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif ini yaitu uji kredibilitas. Analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh setiap siswa tidaklah sama dalam mata pelajaran fiqih. MTs Darul Ulum adalah salah satu sekolah yang menggunakan media agar siswa pada saat pembelajaran fiqih tidak merasa kesulitan belajar, media yang digunakan adalah LCD proyektor. Guru fiqih menggunakan prinsip dan strategi pembelajaran yang mengacu pada materi pembelajaran (Instructional material). Dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh siswa adalah setiap siswa mempunyai bakat yang berbeda-beda dan bakat inilah yang akan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Proses belajar mengajar guru fiqih menyajikan pembelajaran menggunakan power point, guru fiqih menerangkan pembelajarannya dengan bantuan LCD proyektor. Pada saat pembelajaran guru fiqih menggunakan power point kemudian menyuruh siswa untuk membentuk menjadi kelompok kecil untuk diajak berdiskusi dan guru fiqih memberikan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan, sehingga siswa akan terdorong untuk aktif dan lebih bersemangat mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Dalam penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII A di MTs Darul Ulum Purwogondo mempunyai kelebihan seperti: 1. Dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, 2. Meningkatkan keaktifan belajar siswa, dan 3. Meningkatkan daya tangkap siswa. Selain itu terdapat kekurangan dari penerapan multimedia interaktif pada pembelajaran mata pelajaran fiqih, seperti: 1. Diperlakukannya waktu lebih untuk penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran, 2. Suaranya kurang keras, 3. Kurangnya ketegasan dari guru untuk mengkondisikan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Multiemdia Interaktif, Kesulitan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:34
Last Modified: 20 Apr 2021 01:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3927

Actions (login required)

View Item View Item