Manajemen Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SD Unggulan Muslimat NU Kudus

Nashihah, Ummi Hanik (2020) Manajemen Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover.pdf

Download (818kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (221kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang minat belajar siswa dan manajemen pembelajaran matematika yang meliputi perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Unggulan Muslimat NU Kabupatan Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari kegiatan wawancara dengan informan yang meliputi kepala sekolah, guru mapel matematika dan siswa, observasi dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa-siswi di SD Unggulan Muslimat NU Kudus memiliki minat belajar pada mata pelajaran matematika yang beragam, diperlukan peran guru dalam membangkitkan sikap positif dan merancang pembelajaran matematika dibutuhkan agar perlahan-lahan dapat menumbuhkan minat belajar siswa terhadap matematika; 2) Untuk meningkatkan minat belajar siswa guru lebih mengoptimalkan dalam merencanakan komponen-komponen yang ada dalam RPP yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian pembelajaran; 3) Pengorganisasian yang dilakukan dalam menunjang kegiatan belajar matematika diantaranya yaitu pengorganisasian kurikulum, sarana dan prasarana, guru, serta pengorganisasian siswa; 4) Pelaksanaan pembelajaran matematika dilakukan dalam tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan tetap menjaga perhatian siswa agar fokus dalam pembelajaran; 5) Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan jenis evaluasi formatif dan sumatif. Kegiatan evaluasi mengacu pada domain belajar meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik serta dievaluasi secara kinerja, tulis, lisan, portofolio maupun observasi .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Matematika, Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:46
Last Modified: 20 Apr 2021 02:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item