Hubungan Kedisiplinan Siswa dengan Iklim Kelas dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Arifin, Ahmad (2020) Hubungan Kedisiplinan Siswa dengan Iklim Kelas dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (390kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (493kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui bagaimana Iklim Kelas dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui adakah hubungan kedisiplinan siswa dengan iklim kelas dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sejumlah 127 dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada, pada populasi pengambilan taraf kesalahan yang dipilih oleh peneliti adalah 5%. Jadi, jumlah sampel yang digunakan adalah 85 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi. Adapun hasil penelitian ini adalah kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati Tahun Pelajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori baik, hal ini berdasarkan hasil analisa menunjukan nilai rata-rata (mean) sebesar 51,07 yang termasuk dalam interval (51-57). Iklim kelas dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati Tahun Pelajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori baik, hal ini berdasarkan hasil nilai rata-rata (mean) sebesar 51,03 yang termasuk dalam interval (49,5-55,25). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa hubungan variabel X dengan Y mempunyai nilai “r” korelasi (product moment) sebesar 0,432. Hasil koefesien r_xy lebih besar dari r_tabel N= 85 pada taraf signifikansi 1% = 0,278 maupun pada taraf signifikansi 5% =0,213, sehingga menunjukan adanya korelasi yaitu terdapat adakah hubungan kedisiplinan siswa dengan iklim kelas dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkan dari hasil perhitungan nilai koefesien determinasi variabel tentang kedisiplinan siswa dengan iklim kelas dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Pati tahun pelajaran 2019/2020 adalah 18 sedangkan sisanya 100% - 0,18% = 82 adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Siswa, Iklim Kelas, Pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:56
Last Modified: 21 Apr 2021 03:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item