Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam Meningkatkan Kompetensi Kitab Kuning Peserta Didik di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo dawe Kudus

Uliyana, Dzawil (2020) Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam Meningkatkan Kompetensi Kitab Kuning Peserta Didik di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo dawe Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (528kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (476kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (757kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Ekstrakurikuler BTQ yaitu kegiatan yang dilaksanakan diluar jam kurikuler dengan tujuan agar peserta didik dapat membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dengan begitu, ekstrakurikuler BTQ dilaksanakan agar peserta didik yang belum menguasai BTQ dan tidak bisa sama sekali BTQ dapat meningkatkan kompetensi kitab kuning peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler BTQ, kompetensi kitab kuning peserta didik, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam ektrakurikuler BTQ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses kegiatan ekstrakurikuler BTQ dilaksanakan setelah peserta didik pulang sekolah, bukan hanya membaca dan menulis ayat Al-Qur’an saja akan tetapi, dikhususkan pada pegonnya dengan memulai dari tahap dasar yaknimulai pengenalan huruf hijaiiyah sampai pada tahap pengaplikasian mengartikan kitab-kitab salaf menggunakan pegon.(2) Dalam meningkatkan kompetensi kitab kuning peserta didik, pembina menggunakan metodo-metode yang sesuai potensi peserta didik dan melakukan pembiasaan latihan pegon. Kompetensi kitab kuning di MTs NU Ibtidaul Falah dikategorikan “cukup baik” dengan presentase 70%, untuk yang 30% wajib mengulang mengikuti ekstrakurikuler BTQ (3) Kendala yang dihadapi dalam kegiatan BTQ yaitu adanya fluktuasi kehadiran, peserta didik mengikuti kegiatan eskra lain, keterbatasan waktu, membosankan dan lain sebagainya. Adanya kendala tersebut dapat diatasi dengan penggunaan metode yang menyenangkan, denda dan sanksi bagi yang melanggar atau tidak masuk, pembina harus sesuai dengan kompetensinya, dan sarana prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler BTQ, Kompetensi Kitab Kuning.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:20
Last Modified: 21 Apr 2021 04:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3950

Actions (login required)

View Item View Item