Analisis Strategi Promosi Islami Produk Simpanan untuk Menarik Calon Anggota BMT Al-Amin Cabang Mejobo Kudus

Syariah, Wafiyatus (2020) Analisis Strategi Promosi Islami Produk Simpanan untuk Menarik Calon Anggota BMT Al-Amin Cabang Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (656kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (720kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (308kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (830kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi Islami produk simpanan untuk menarik calon anggota BMT Al-Amin Cabang Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan field research dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif sehingga memberikan gambaran tentang strategi promosi Islami produk simpanan yang diterapkan BMT Al-Amin untuk menarik calon anggota. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti ialah teknik data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Strategi promosi Islami yang digunakan BMT Al-Amin Cabang Mejobo yaitu periklanan, personal selling dan hubungan masyarakat. Ketiganya tidak menghalalkan segala cara untuk menarik calon anggota, selalu menekankan kejujuran dalam kegiatan promosi yang dilakukan sesuai dengan ajaran agama Islam. 2) Kendala yang dialami BMT Al-Amin dalam strategi promosi Islami produk simpanan yaitu a. adanya SDM yang dirasa kurang kompeten di bidang pemasaran itu disebabkan oleh beberapa hal di antaranya karyawan bukan berasal dari latar belakang pemasar, adanya alasan efesiensi biaya dan tenaga pemasar. b. adanya calon anggota yang kurang memahami sistem lembaga keuangan syariah sehingga menyebabkan munculnya dugaan bahwa lembaga keuangan syariah hanya untuk kalangan tertentu, dugaan mengenai sistem bagi hasil kurang menguntungkan jika dibanding dengan sistem bunga, kurangnnya kepercayaan calon anggota pada BMT, adanya pesaing dari lembaga keuangan yang sejenis. 3) Solusi untuk mengatasi kendala strategi promosi Islami produk simpanan di antaranya ialah meningkatkan mutu dan standar karyawan, mengadakan pelatihan yang intensif untuk mengembangkan pengetahuan karyawan tentang strategi promosi, mengadakan sosialisasi dan seminar kepada calon anggota dan mengembangkan penggunaan media informasi lebih efektif serta efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi Islami, Produk Simpanan, BMT
Subjects: Fiqih > Mu`alamat
Fiqih > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:10
Last Modified: 26 Apr 2021 03:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item View Item