Aini, Ela Nur (2020) Peran Pelaksanaan Upacara Bendera dalam Pembentukan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab dan Nasionalisme Siswa Kelas I di MI NU Tholibin Tanjung Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (631kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (514kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (526kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (217kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (501kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (264kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
Abstract
Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan upacara bendera dalam membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, dan nasionalisme siswa kelas I di MI NU Tholibin Tanjung Jati Kudus, (2) mengetahui kendala pelaksanaan upacara bendera dalam membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, dan nasionalisme siswa kelas I di MI NU Tholibin Tanjung Jati Kudus, (3) mengetahui solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan upacara bendera dalam membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, dan nasionalisme siswa kelas I di MI NU Tholibin Tanjung Jati Kudus. Subyek penelitian yaitu siswa kelas 1. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu 5 siswa, kepala sekolah, dan wali kelas 1 serta data sekunder yaitu dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data meliputi uji kredibilitas yang terdiri dari perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan membercheck. Teknik analisis data terdiri dari data collection, data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan upacara bendera dapat membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, dan nasionalisme siswa melalui pembiasaan dari runtutan susunan upacara. Siswa mengikuti upacara dengan hikmat dan mematuhi tata tertib di sekolah. Karakter disiplin, tanggung jawab, dan nasionalisme pada siswa terlihat dengan disiplin waktu, berpakaian rapi, mengerjakan tugas individu dan kelompok, melaksanakan piket, gotong royong, tolong menolong, rasa persatuan berbaris rapi saat upacara sesuai dengan kelasnya, menyanyikan lagu nasional, memakai baju batik, dan meneladani pahlawan. 2) Kendala yang dihadapi yaitu siswa cepat bosan dan lelah, awalnya ada beberapa siswa yang kurang disiplin waktu dan berpakaian, amanat pembina kurang tersampaikan, serta minimnya pengetahuan tentang pahlawan. 3) Solusinya memberikan teladan, membiasakan, mendampingi, mengingatkan, memberi penguatan, dan reward berupa tepuk tangan dan pujian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | upacara bendera, karakter, disiplin, tanggung jawab, nasionalisme |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 06:16 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 06:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4006 |
Actions (login required)
View Item |