Janah, Titin Nur (2020) Implementasi Metode Cerita Fabel Dalam Mengembangkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini Pada Kelompok A Ra Miftahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAKSI.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (423kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (512kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (385kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (492kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (270kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
Abstract
Latar belakang Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan dasar bahasa peserta didik kelompok A dengan cara menerapkan kegiatan bercerita fabel yang memiliki tiga tujuan yaitu; 1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode cerita fabel dalam mengembangkan kemampuan dasar bahasa anak usia dini 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode cerita fabel dalam mengembangkan kemampuan dasar bahasa anak usia dini, dan 3) Untuk memberikan solusi implementasi metode cerita fabel dalam mengembangkan kemampuan dasar bahasa anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (fieldresearch)Sumber data primer dan sekunder tersebut dikumpulkan dengan teknik Triangulasi data yaitu dengan melakukan tehnik observasi partisipan (partisipant observation), Tehnik wawancara yang digunakan peneliti adalah wawancara berstruktur yakni dengan cara wawancara kepada pihak-pihak terkait seperti kepala RA Miftahul Huda , guru dan peserta didik RA Miftahul Huda, dan dengan teknik dokumentasi. Setelah data-data dikumpulkan dan dianalisis dengan Triangulasi data penelitian ini berhasil memperoleh hasil temuan yaitu: 1) Implementasi Metode Cerita Fabel Dalam Mengembangkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini di RA Miftahul Huda menggunakan dua Bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa jawa .2)Faktor pendukung sarana prasarana berupa buku cerita yang memadai,kondisikelas yang nyaman. guru yang berkompeten yang memiliki kualifikasi pendidik keguruan yang sama dibidangnya. Antusiasme peserta didik yang sangat tinggi sehingga peserta didik mudah memahami isi cerita ysng disampaikan oleh pendidik. dan Faktor penghambatnya antara lain : Waktu banyak yang tersita untuk mengkondisikan kelas,suasana belajar kurang kondusif yang mengakibatkan konsentrasi peserta didik buyar,jumlah peserta didik yang terlalu banyak sehingga mengakibatkan guru sulit mengkondisikan kelas.3)Solusi dalam implementasi Metode Cerita Fabel dalam Mengembangkan kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini Kelompok A RA Miftahul Huda sebagai berikut :Adanya guru pendamping untuk mengatasi permasalahan dalam penerapan metode cerita fabel,melibatkan peserta didik dalam kegiatan cerita fabel dengan mengajak bermain peran,menjadika kelas peserta didik menjadi 2 kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cerita Fabel,Kemampuan Dasar Bahasa, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 02:02 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 02:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4018 |
Actions (login required)
View Item |