Adlha, Fina Nurul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Retensi Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (462kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (307kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (384kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (397kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (467kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (211kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan model cooperative script pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2019/2020. (2) Bagaimana retensi siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2019/2020. (3) Adakah pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap retensi siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu sebuah studi penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti melakukan studi lapangan di MA Mu’allimat NU Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yaitu 266 siswi, kemudian diambil sampel dengan taraf signifikan 5% yaitu sebanyak 152 responden dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan model cooperative script dalam kategori cukup yaitu sebesar 72.24 yang termasuk dalam interval 74 – 67. (2) Peningkatan retensi siswa pada mata pelajaran Fiqih tergolong baik yaitu sebesar 61.61 yang termasuk dalam interval 67 – 62. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran cooperative script terhadap retensi siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2019/2020, dari hasil analisis didapatkan perhitungan yaitu Freg 71,072 > Ftabel 3,90 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model cooperative script pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Kemudian penerapan model cooperative script memberikan kontribusi pengaruh terhadap retensi siswa sebesar 32,15%. Sedangkan sisanya adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Script, Retensi Siswa, Mata Pelajaran Fiqih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 03:41 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 03:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4038 |
Actions (login required)
View Item |