Peran Guru Kelas dalam Melaksanakan Bimbingan dan Konseling kepada Peserta Didik Kelas VI di MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu, Kudus

Halimatussa’diah, Halimatussa’diah (2020) Peran Guru Kelas dalam Melaksanakan Bimbingan dan Konseling kepada Peserta Didik Kelas VI di MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu, Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (644kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (555kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang menganalisis peran guru kelas VI dalam pelayanan bimbingan dan konseling pada sekolah tingkat dasar. Pendekatan kualitatif digunakan karena masalah dalam penelitian masih remang-remang, kompleks, dan dinamis, sehingga perlu untuk dideskripsikan atau diuraikan dengan kata-kata. Analisis yang dilakukan yakni seputar bagaimana guru kelas VI mengimplementasi bimbingan konseling pada peserta didiknya, berdasarkan teori bimbingan konseling seperti tujuan, fungsi, jenis, teknik bimbingan konseling, yang kemudian akan menimbulkan dampak bagi peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VI beserta peserta didik yang diampunya. Data-data tentang pelaksanaan bimbingan konseling dikumpulkan dengan wawancara semi tersetruktur kategori in-depth interview, observasi passive participation, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru kelas VI selain memiliki tugas mengajar juga melaksanakan pelayanan bimbingan konseling, yang berarti membantu peserta didik menyelesaikan masalahnya. Dalam membantu peserta didik kelas VI mengatasi masalahnya, guru kelas harus mengerti bagaimana karakteristik peserta didik kelas VI tersebut. Guru kelas juga membantu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi peserta didik kelas VI , seperti permasalahan pribadi (ex. Suka berbohong), belajar (ex. Malas belajar), sosial (ex. Berkelahi), dan karir (ex. Kelanjutan pendidik jenjang selanjutnya). Cara guru kelas VI mengatasi masalah-masalah peserta didik tersebut adalah dengan memberi hukuman yang mendidik dan melibatkan orang tua/wali peserta didik dalam proses bimbingan konseling oleh guru kelas VI. (2) Dampak dari bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru kelas VI di MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu, Kudus ini dapat dilihat melalui jurnal bimbingan konseling yang dimiliki oleh guru kelas. Dalam jurnal tersebut berisi data peserta didik, masalah yang dihadapi, pemecahan masalah oleh guru kelas, dan hasil akhir atau kesimpulan apakah permasalahan peserta didik tersebut sudah bisa diatasi ataukah memerlukan suatu tindak lanjut lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Peserta Didik Kelas VI, Bimbingan dan Konseling
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:41
Last Modified: 29 Apr 2021 03:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4039

Actions (login required)

View Item View Item