Model Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah dan Akhlak di KelasVII MTs Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran: 2019/2020

Rohmawati, Indah (2020) Model Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah dan Akhlak di KelasVII MTs Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran: 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (684kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (348kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)

Abstract

Model Pendidikan Karakter dewasa ini masih beradaptasi pada peningkatan intelektualitas dan aktivitas fisik yang berhubungan dengan gerakan yang hanya menekankan pada reaksi- raksi fisik dan keterampilan tangan serta kurang memperhatikan watak, perilaku, sikap, perasaan, minat, emosi dan nilai, sehingga masih ada sebagian peserta didik yang kurang sopan, kurang bertata krama, kurang berhati mulia, disebabkan oleh deklinasi akhlak/ perilaku peserta didik kurang terpikat dalam memahami serta menelaah materi pembelajaran Akidah dan Akhlak. Berdasarkan konteks permasalahan yang ada, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pendidikan karakter peserta didik yang diterapkan di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jepara dan apa saja faktor pendukung serta penghambat dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan mulai bulan Januari sampai bulan Pebruaari 2020. Subyek penelitian adalah Kepala MTs Negeri 2 Jepara, Guru Akidah dan Akhlak kelas VII yang berjunlah 3 (tiga) orang guru dan peserta didik kelas VII yang berjumlah 245 (dua ratus empat puluh lima) anak. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan yang diperoleh adalah model penerapan pendidikan karakter telah dilaksanakan dengan seluruh materi pembelajaran dengan penanaman pendidikan karakter dan berkaitan erat dengan mata pelajaran Akidah dan Akhlak di MTs Negeri 2 Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:42
Last Modified: 30 Apr 2021 02:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4058

Actions (login required)

View Item View Item