KONSEP ETIKA GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELA’AH ATAS KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI)

ulahyu handani, Fita (2017) KONSEP ETIKA GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELA’AH ATAS KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9.Daftar pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Konsep etika guru dalam kitabAdabul ‘Alim Wal Muta’allim 2) Relevansi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang guru dalam konteks pendidikan modern. Penelitian ini merupakan studi kepustakaaan (library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Content Analysis. Penerapan metode Content Analysis akan mengungkapkan isi pemikiran K.H Hasyim Asy’ari. Metode ini untuk megetahui kerangka berfikir KH. H asyim Asy’ari yang tertuang pada kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim tentang konsep etika guru. Setelah melakukan penelitian, maka diketahui bahwa pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang Konsep Etika Guru Dalam Pendidikan Islam (Tela’ah Atas Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari). KH. Hasyim Asy’ari merupakan salah satu tokoh pendidikan islam yang telah memberikan konsep etika guru terhadap murid yang melandasi ajarannya dengan penekanan religius-ethic. Karena menurut beliau kunci sukses dalam proses belajar mengajar hanya dapat dihasilkan apabila hubungan guru dan murid dilaksanakan secara baik sesuai dengan aturan dalam proses belajar mengajar yang berdasarkan pendidikan islam. Dan sebagai manifestasi akhlak murid terhadap gurunya maka harus memiliki rasa hormat (respec) dan patuh kepada gurunya yang tidak boleh putus seumur hidup. Kerena melupakan ikatan dengan guru, maka sangat mengancam dimensi kemanfaatan ilmunya yang telah diperoleh dari gurunya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: KonsepEtika Guru; Pendidikan Islam; Adabul ‘Alim Wal Muta’allim
Subjects: 200 Agama
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 02:50
Last Modified: 05 Feb 2017 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item