Implementasi Metode Bercerita dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Daya Pikir Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Kedungdowo Kaliwungu Kudus

Indriyani, Ema (2020) Implementasi Metode Bercerita dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Daya Pikir Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (616kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (544kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (806kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (751kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (662kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB)

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui hasil dari implementasi metode bercerita dengan buku cerita bergambar terhadap daya pikir anak pada kelompok B TK Pertiwi Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian yang dilakukan agar peneliti memperoleh pengertian yang mendalam mengenai situasi dan makna sesuatu objek atau subyek yang diteliti. Penelitian lebih menekankan proses dari pada hasil. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian kepada pendidik di TK Pertiwi Kedungdowo tentang implementasi metode bercerita dengan buku cerita bergambar terhadap daya pikir anak pada siswa kelas B2 di TK Pertiwi Kedugdowo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Metode bercerita banyak memiliki peran terhadap daya pikir anak dan anak akan sangat antusia untuk mendengarkan cerita tersebut. 2. Daya pikir anak harus selalu dikembangkan sejak dini mungkin, karena akan membantu anak dalam mengembangkan daya pikirnya ke tahap selanjutnya. 3. Anak sangat antusia jika guru dalam menyajikan pembelajaran bercerita dengan menarik dan mampu melibatkan anak dalam isi cerita tersebut. 4. Kemampuan berpikir anak berbeda, dimana anak memiliki porsi masing-masing dalam menangkap isi cerita tersebut, daya pikir anak yang masih lemah sehingga sukar memahami tujuan isi pokok cerita, bisa juga anak akan mengalami rasa cepat bosan terutama apabila dalam penyajiannya tidak menarik untuk anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Buku Cerita Bergambar, Daya Pikir Anak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 May 2021 02:46
Last Modified: 03 May 2021 02:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4063

Actions (login required)

View Item View Item