Implementasi Metode Presentasi dan Diskusi Dalam upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist Kelas XI MA Tarbiyatul Banin Tahun Ajaran 2029/2020

Sugiyanto, Nur (2020) Implementasi Metode Presentasi dan Diskusi Dalam upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist Kelas XI MA Tarbiyatul Banin Tahun Ajaran 2029/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (493kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (689kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (600kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (517kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (779kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (498kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk mengetahui implementasi metode presentasi dan diskusi dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist kelas XI .2)Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi metode presentasi dan diskusi dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist kelas XI. 3)Untuk mengetahui solusi untuk mengatasi faktor penghambat implementasi metode presentasi dan diskusi dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist kelas XI. Penelitian ini menggunakan jenis field research, menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang pertama dengan metode observasi, kedua metode wawancara, ketiga metode dokumentasi. Peneliti dalam uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, Analisis kasus negatif dan mengadakan member chek. Kemudian analisis data yang digunakan yaitu data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display ( penyajian data). Dalam penelitian ini subyek penelitian bertempat di MA Tarbiyatul Banin, Winong, Pati. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi penerapan metode presentasi dan diskusi dalam upaya meningkatan partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist kelas XI di MA Tarbiyatul Banin memang sangat tepat. Metode yang telah diterapkan oleh bapak suparmin selaku guru pengampu mata pelajaran Qur’an Hadist bahwasanya penerapan metode tersebut membutuhkan langkah-langkah yang perlu di lalui dalam penerapanya, pertama perencanaan (persiapan), kedua, pelaksanaan, dan ketiga, presentasi atau penyampaian hasil diskusi. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode diskusi dan presentasi adalah: a)faktor Pendukung: siswa-siswa yang sangat bersemangat dalam belajar, fasilitas kelas yang sangat luas, dan waktu yang cukup untuk berdiskusi. b) faktor penghambat: peserta didik agak susah ketika ada temannya yang sedang menyampaikan materi, terkadang ada siswa yang ngobrol sendiri, dan anak didik terkadadang kurang siap atau tidak memepelajari materi yang akan didiskusikan karena mereka rasa mereka tidak maju. 3) Solusi untuk menangani hambatan-hambatan dalam menerapkan metode diskusi dan presentasi adalah yang pertama untuk mengatasi hambatan pada metode presentasi, disini peran guru sebagai pendamping harus dimaksimalkan yaitu untuk membantu mengkondisikan kelas ketika presentasi sedang berlangsung. Sedangkan untuk mengatasi hambatan dalam penggunaan metode diskusi, guru harus membuat perjanjian,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Presentasi dan Diskusi, Keaktifan Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 May 2021 03:35
Last Modified: 04 May 2021 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item