Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII A di MTs Wahid Hasyim Pati Tahun Ajaran 2019/2020

Mahmudah, Intan (2020) Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII A di MTs Wahid Hasyim Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (820kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (805kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (814kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (524kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (454kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan yang berupa langkah-langkah model pembelajaran picture and picture sebagai cara yang dipilih oleh guru dalam menyampaikan materi Akidah Akhlak, serta untuk mengetahui adanya faktor penghambat dari penerapan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan siswa kelas VIII A MTs. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilaksanakan di MTs. Wahid Hasyim Pati tentang penerapan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII A tahun ajaran 2019/2020 dapat diambil beberapa kesimpulan. Kesimpulannya sebagai berikut: Pertama, Penerapan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang dilaksanakan di kelas VIII A MTs. Wahid Hasyim Pati terdapat beberapa langkah: Pertama, pembuka yakni guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai pada mata pelajaran yang akan dipelajari. Kedua, menyampaikan materi sebagai pengantar, di sini terdapat momentum yang penting yakni guru memberikan motivasi yang menarik perhatian peserta didik. Ketiga, guru memperlihatkan gambar yang berkaitan dengan materi, di sini peserta didik ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan mengamati setiap gambar yang diberikan oleh guru. Keempat, Guru menunjuk siswa untuk maju ke dapan dan meminta siswa tersebut memasang atau mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis. Setelah gambarnya terpasang, guru menanyakan alasan atau dasar pemikiran peserta didik dari urutan gambar tersebut. Kedua, Beberapa faktor penghambat yang dihadapi oleh guru dalam penerapan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII A MTs. Wahid Hasyim Pati adalah faktor yang berasal dari sekolah dan dari kondisi siswa sendiri. Batas waktu penyampaian materi yang terbatas, selain itu faktor lain yang juga menghambat proses KBM adalah sarana dan prasarana yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 May 2021 02:57
Last Modified: 05 May 2021 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4089

Actions (login required)

View Item View Item