Pengaruh Penggunaan Metode Menyalin Terhadap Kemampuan Menghafal Ayat Al-Qur'an Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an H{adis| Siswa Kelas XI di MA Nurul Qur'an Tegalwero Pucakwangi Pati

Sudur, Muhammad Misbahus (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Menyalin Terhadap Kemampuan Menghafal Ayat Al-Qur'an Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an H{adis| Siswa Kelas XI di MA Nurul Qur'an Tegalwero Pucakwangi Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (485kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (704kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (448kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana kemampuan menghafal siswa kelas eksperimen yang di beri metode Menyalin di MA Nu>rul Qur’a>n Tegalwero Pucakwangi Pati. 2) Mengetahui bagaimana kemampuan menghafal siswa kelas kontrol yang di beri metode konvensional di MA Nu>rul Qur’a>n Tegalwero Pucakwangi Pati. 3) Mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode Menyalin terhadap kemampuan menghafal siswa di MA Nu>rul Qur’a>n Tegalwero Pucakwangi Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Post Test Only Control Grup Desigh”. Responden dalam penelitian ini adalah 2 kelas. Kelas ekperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data angket dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Kemampuan menghafal siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits yang menggunakan metode Menyalin di kelas XI A MA Nu>rul Qur’a>n, menempati interval kategori “Baik” dengan rata-rata nilai skor 35.12 yang termasuk pada interval 35 – 44. (2) Kemampuan menghafal siswa kelas XI B pada mata pelajaran Al-Qur'a>n H{adi>s yang menggunakan metode konvensional di MA Nu>rul Qur’a>n, menempati interval kategori “cukup Baik” dengan rata-rata nilai skor 29 yang termasuk pada interval 25 – 34. (3) Kemampuan menghafal siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur'a>n H{adi>s yang menggunakan metode Menyalin memiliki perbedaan dengan kemampuan menghafal siswa kelas XI yang menggunakan metode konvensional di MA Nu>rul Qur’a>n Tegalwero Pucakwangi Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6.99988792 > 2.01.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Menyalin, Kemampuan Menghafal
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 May 2021 03:28
Last Modified: 06 May 2021 03:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4112

Actions (login required)

View Item View Item