Luklu’ussa’adah, Luklu’ussa’adah (2019) Penerapan Metode Role Playing Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMK NU Ma’arif 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISIS.pdf Download (522kB) |
|
Text
4 BAB I revisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
1 cover-kata pengantar.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 BAB II revisi.pdf Download (3MB) |
|
Text
6 BAB III revisi.pdf Download (2MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (328kB) |
|
Text
7 BAB IV revisi.pdf Download (2MB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (635kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: a). Mengetahui metode pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X SMK NU Ma’arif 2 Kudus. b). Mengetahui pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X SMK NU Ma’arif 2 Jekulo Kudus. c). Adakah pengaruh penerapan metode pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X SMK NU Ma’arif 2 Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode field research atau penelitian lapangan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK NU Ma’arif 2 Kudus yaitu sebanyak 398 siswa. Jumlah sampel sebanyak 80 siswa terbagi dalam dua kelas yaitu X-TP1 dan X-TP2. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan metode Role Playing (RP) pada mata pelajaran akidah akhlak di SMK NU Ma’arif 2 Kudus termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 51 dan termasuk dalam interval 38-52. Berdasarkan analisis data dari nilai thitung lebih kecil dari ttabel, -0,019 < 2,63869. Maka H0 diterima karena kenyataannya memang dalam kategori kurang. 2) Pendidikan Karakter siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di SMK NU Ma’arif 2 Kudus termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 56 dan termasuk dalam interval 56-70. Berdasarkan analisis data dari nilai thitung lebih kecil dari ttabel, -0,019 < 2,63869. Maka H0 diterima karena kenyataannya memang dalam kategori cukup. 3) Antara Metode Role Playing (RP) terhadap Pendidikan Karakter Siswa terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari Freg yang lebih besar dari Ftabel 5% = 4,89. Adapun Freg sebesar 5,074. Jadi, terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Role Playing (RP) terhadap Pendidikan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMK NU Ma’arif 2 Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Role Playing, Pendidikan Karakter, Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 May 2021 04:33 |
Last Modified: | 06 May 2021 04:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4116 |
Actions (login required)
View Item |