Penerapan Metode Role Playing Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMK NU Ma’arif 2 Kudus

Luklu’ussa’adah, Luklu’ussa’adah (2019) Penerapan Metode Role Playing Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMK NU Ma’arif 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISIS.pdf

Download (522kB)
[img] Text
4 BAB I revisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1 cover-kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB II revisi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB III revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (328kB)
[img] Text
7 BAB IV revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (635kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: a). Mengetahui metode pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X SMK NU Ma’arif 2 Kudus. b). Mengetahui pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X SMK NU Ma’arif 2 Jekulo Kudus. c). Adakah pengaruh penerapan metode pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X SMK NU Ma’arif 2 Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode field research atau penelitian lapangan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK NU Ma’arif 2 Kudus yaitu sebanyak 398 siswa. Jumlah sampel sebanyak 80 siswa terbagi dalam dua kelas yaitu X-TP1 dan X-TP2. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan metode Role Playing (RP) pada mata pelajaran akidah akhlak di SMK NU Ma’arif 2 Kudus termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 51 dan termasuk dalam interval 38-52. Berdasarkan analisis data dari nilai thitung lebih kecil dari ttabel, -0,019 < 2,63869. Maka H0 diterima karena kenyataannya memang dalam kategori kurang. 2) Pendidikan Karakter siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di SMK NU Ma’arif 2 Kudus termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 56 dan termasuk dalam interval 56-70. Berdasarkan analisis data dari nilai thitung lebih kecil dari ttabel, -0,019 < 2,63869. Maka H0 diterima karena kenyataannya memang dalam kategori cukup. 3) Antara Metode Role Playing (RP) terhadap Pendidikan Karakter Siswa terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari Freg yang lebih besar dari Ftabel 5% = 4,89. Adapun Freg sebesar 5,074. Jadi, terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Role Playing (RP) terhadap Pendidikan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMK NU Ma’arif 2 Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Pendidikan Karakter, Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 May 2021 04:33
Last Modified: 06 May 2021 04:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4116

Actions (login required)

View Item View Item