Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah: Tantangan Serta Strategi Orang Tua dan Guru Milenial

Mukhasanah, Iseh (2020) Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah: Tantangan Serta Strategi Orang Tua dan Guru Milenial. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (558kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (476kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (398kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk: 1). mengetahui bagaimana pengembangan kemampuan literasi anak kelas IV. 2). mengetahui bagaimana tantangan orang tua dan guru milenial dalam mengembangkan kemampuan literasi anak kelas IV. 3). mengetahui bagaimana strategi yang digunakan orang tua dan guru milenial dalam melakukan usaha pengembangan kemampuan literasi anak kelas IV. Pendekatan yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskiptif yaitu berupa deskripsi dari hasil wawancara dengan peserta didik kelas IV, guru kelas IV, dan salah satu orang tua dari peserta didik kelas IV. Sedangkan observasi dilakukan pada kegiatan proses pembelajaran tematik kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pengembangan kemampuan literasi membaca dan menulis anak kelas IV sudah cukup baik, melalui beberapa pembiasaan yang diterapkan di sekolah dan beberapa strategi yang digunakan dari wali kelas, maka pengembangan kemampuan literasi membaca dan menulis anak kelas IV terdapat pengembangan yang lebih berkembang dan meningkat dari sebelumnya dilihat dari pemahaman siswa pada materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru kelas. 2). tantangan orang tua dan guru milenial dalam pengembangan kemampuan literasi anak kelas IV dapat dihadapi oleh orang tua milenial dan guru milenial dengan baik, adanya beberapa tantangan tidak menghambat upaya oang tua dan guu milenial dalam melakukan pengembangan kemampuan literasi anak kelas IV. 3). strategi orang tua dan guru milenial dalam pengembangan kemampuan liteasi anak kelas IV yaitu setelah diterapkannya beberapa strategiyang digunakan oleh orang tua milenial di rumah kemampuan literasi membaca dan menulis anak kelas IV juga sangat berpengaruh baik. Dengan adanya strategi yang diterapkan guru kelas dalam pembelajaran, dapat membawa pengaruh baik pada pengembangan kemampuan literasi anak kelas IV di MI NU Miftahul Huda 02 Piji Dawe Kudus, anak-anak kelas IV juga menjadi lebih faham dalam pembelajaran, kemampuan literasi anak kelas IV juga terdapat perkembangan yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kemampuan Literasi, Tantangan serta Strategi Orang Tua dan Guru Milenial
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 May 2021 04:28
Last Modified: 06 May 2021 04:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item View Item